oleh

Suhu di Makkah Capai 40 Derajat, Jemaah Diimbau Jaga Kesehatan  Petugas Beri Penyuluhan

BONTANG – Suhu di Arab Saudi dikabarkan sangat tinggi untuk ukuran orang Indonesia, berkisar 40 derajat celcius. Jemaah haji pun diminta menjaga kesehatan agar kondisi fisiknya tetap fit dan bisa beribadah.

Usai melaksanakan ibadah umrah setibanya di Makkah, para calon jemaah haji (calhaj) reguler asal Bontang kini diberikan penyuluhan kesehatan oleh tim dari petugas kloter baik yang terdiri dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), maupun Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Jumat (3/8) kemarin.

Kepada Bontang Post TPIHI Kloter 4 Balikpapan, Amir L mengatakan, penyuluhan ini tidak dilakukan secara kolektif. Melainkan petugas yang melakukan kunjungan langsung ke kamar-kamar jemaah. Adapun penyuluhan yang diberikan yaitu terkait dengan kesehatan jemaah, hingga evaluasi pelaksanaan ibadah umrah yang telah dilakukan kemarin.

“Alhamdulillah penyuluhan hari ini (kemarin, Red.) berjalan dengan lancar,” ujarnya.

Amir menambahkan, kondisi cuaca di Makkah saat ini cukup ekstrem. Suhu ketika siang hari bisa mencapai 40 derajat celsius. Sehingga dirinya menyarankan kepada jemaah untuk mengurangi terlebih dahulu aktivitas salat berjemaah di Masjidilharam. Selain faktor cuaca yang panas, juga karena lokasinya yang jauh dari pemondokan.

“Untuk alternatifnya, bisa salat di masjid yang berada di dekat pemondokan. Atau juga ada tiga tempat di dalam pemondokan,” ucapnya.

Ditanya soal jadwal kunjungan ke tempat-tempat bersejarah, pria yang juga Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Bontang Selatan itu mengutarakan, hasil evaluasi maupun rencana kunjungan ke tempat-tempat bersejarah di Makkah tersebut baru akan dirapatkan dengan petugas kloter maupun ketua rombongan hari ini.

“Untuk jemaah lansia, baik kegiatan maupun ibadah nantinya akan kami siapkan kursi roda. Dan saat antar jemput ke pemondokan juga akan diantar oleh taksi. Sehingga kesehatan jemaah lansia juga bisa tetap terjaga,” tukasnya.

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares