oleh

Tawaf Qudum, Sai, dan Tahalul Ibadah Perdana Calhaj Kutim di Hari Pertama Tiba di Makkah

SANGATTA- Calon Jemaah Haji ( Calhaj) Kutim masih diberikan kesehatan di Tanah Suci. Rangkaian ibadah haji berjalan sesuai harapan. Mulai dari awal hingga saat ini.

Dikatakan Kepala Kemenag Kutim, Ambotang, semua jemaah haji terlihat sehat. Jikapun ada yang sakit, hanya karena kelelahan. Kemudian, harus menyesuaikan musim. “Kemungkinan hanya pilek dan batuk. Alhamdulillah sehat saja,” kata Ambotang.

Ambotang berharap, semua jemaah sehat hingga akhir rangkaian rukun Islam ke lima  dan kembali ke kampung halaman dengan selamat.

“Selalu menjaga kesehatan. Kita doakan saja semoga semua sehat selalu sampai pulang ke Kutim lagi,” katanya mendoakan.

Ketua Kloter 4 Rusdi Noor yang juga sebagai Kepala KUA Sangatta Selatan menuturkan, saat tiba di tanah suci Makkah pada hari pertama, para jemaah langsung melaksanakan tawaf qudum. Dilanjutkan dengan sai dan tahalul dengan mengenakan baju ihram.

Kemudian, di waktu-waktu tertentu, beraktivitas ke Masjidil Haram untuk menunaikan ibadah salat lima waktu.

“Semua kegiatan berjalan lancar dan tak ada halangan sedikitpun,” katanya.

Rusdi mengaku, terus mengingatkan jemaah agar tetap berhati-hati. Menjaga kesehatan dan keselamatan. Khususnya pada saat mengantri pulang dari Masjidil Haram ke pemondokan. Karena pada saat itu, jemaah akan rebutan.

“Tidak perlu berebut dan berdesak-desakan, karena banyak bus yang disediakan, meski harus tetap antri. Jika ikut berdesakkan, dikhawatirkan terjadi cidera, karena perjalanan masih jauh untuk menunaikan puncak ibadah haji pada 9 Zulhijah nanti,” katanya. (dy)

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share