oleh

Pemkot Dorong PDPAU Tambah Usaha Jaga Stabilitas Harga Pakan Ayam dan Pasokan Daging

SAMARINDA – Untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan ayam, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda berencana mendorong Perusahaan Daerah Pergudangan dan Aneka Usaha (PDPAU) untuk menambah usaha baru. Pasalnya regulasi dari pusat kerap membuat pemkot kewalahan. Sehingga pemerintah perlu mengambil tindakan dengan memberdayakan perusahaan daerah.

Menanggapi hal ini, Direktur PDPAU, Khoirul Fadli mengatakan, pihaknya siap mengemban tugas tersebut. Apalagi jika hal ini bersifat penugasan. Namun ia mengaku untuk saat ini hal tersebut belum bisa dilaksanakan karena keadaan yag belum memungkinkan.

“Sebelumnya pemkot sudah pernah membicarakan masalah ini dan kami siap. Hanya saja untuk saat ini kondisinya tidak memungkinkan,” kata Fadli belum lama ini.

Namun ditambahkannya, saat ini PDPAU sedang dalam persiapan untuk menjalankan beberapa usaha yang belum berjalan sebelumnya. Seperti menambah usaha mengenai pengadaan sembako. Dia meyakini pada 2019 mendatang dapat mengembangkan usaha komoditas pangan.

“Pak Sekda (Sugeng Chairuddin, Red.) menargetkan enam bulan sudah siap. Kami juga sudah bertemu pihak bulog. Usaha ini nanti satu paket dengan ayam, daging, dan beras,” terang dia.

Ke depannya, Fadli menyebut pihaknya juga akan menjual pakan ayam dan daging beku seperti yang diwacanakan Pemkot Samarinda sebelumnya. Ia menilai upaya ini lebih efektif dalam menjaga pasokan.

“Tujuannya untuk menjaga stabilitas harga dan pasokan. Jadi ketika kondisi normal, harganya akan standar seperti biasa. Namun, ketika harga naik, akan ada peyesuaaian. Yang jelas kami menyiapkan diri untuk menjaga alur distribusi dan menekan inflasi,” tutur Fadli.

Lebih lanjut, dia  mengatakan, dalam waktu dekat PDPAU akan bertemu Pemkot Samarinda guna membicarakan tindak lanjut masalah ini. Terutama terkait investasi modal awal yang mencapai Rp 600 juta.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share