oleh

Bersama Tentara Membangun Turap Mencegah Bencana  Ketika TMMD Ke-102 Sadarkan Warga Bontang

Sejak mengetahui manfaat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), warga di sekitar bantaran Sungai Bontang, Jalan KS Tubun menjadi tergugah. Kini mereka bersedia bila didirikan bangunan turap di belakang lokasi kediaman mereka.

BAMBANG, Bontang

Saat itu April 2018, matahari tampak meninggi. Pancaran sinarnya semakin menerangi langit Kota Taman. Jarum jam menunjukkan pukul 10.00 Wita, Sri Wahyuni sedang asyik beraktivitas. Ibu rumah tangga ini dikejutkan dengan hadirnya tiga orang tentara yang bertamu ke rumahnya di Jalan KS Tubun RT 27 Kelurahan Api-Api.

Pasiter Kodim 0908/BTG Kapten Arh Muji Slamet didampingi stafnya Sertu Agung dan Babinsa Kelurahan Api-Api Serma Sumargo, tiga tentara itu mendatangi Sri Wahyuni. Selain bersilaturahmi, kedatangan tiga tentara yang diutus Dandim 0908/BTG Letkol Arh Gunawan Wibisono itu sekaligus membawa misi khusus.

Kedatangan para pria berseragam loreng itu guna menyampaikan rencana program TMMD ke-102 di Bontang. Pembangunan turap Sungai Bontang di Jalan KS Tubun, yang berada di belakang rumah Sri Wahyuni, menjadi salah satu sasaran program ini.

Pembangunan turap di lokasi tersebut bukan kali ini saja diungkapkan. Sebelumnya, wacana tersebut sudah muncul dari Pemkot Bontang. Namun penolakan hingga tuntutan ganti rugi yang cukup besar dari warga setempat, menjadi polemik bertahun-tahun bagi Pemkot Bontang dalam menertibkan sebagian bangunan yang berdiri di atas sungai tersebut.

Meski menyadari faktar tersebut, prajurit Kodim 0908/BTG tak berputus asa mewujudkan turap melalui TMMD. Pendekatan dan komunikasi dengan warga setempat pun tetap dilakukan sebagai bagian dari ikhtiar. Seperti yang dilakukan di kediaman Sri.

Mendapati kedatangan tiga prajurit tersebut, Sri tak bisa mengambil keputusan sendiri. Dia lantas mengumpulkan seluruh tetangganya yang tinggal di bantaran sungai. Tujuannya bermusyawarah untuk meminta kesediaan dari warga.

Bagikan berita ini!
  • 9
    Shares
loading...