oleh

TNK Gelar Kutai Wana Rally XII Diikuti Ratusan Peserta, Usung Konsep Bebas Sampah Plastik

BONTANG –Taman Nasional Kutai (TNK) kembali menggelar event tahunan mereka, yaitu Kutai Wana Rally (KWR) yang tahun ini memasuki pelaksanaan yang ke-12 (XII). Dilaksanakan Sabtu (4/8) pekan lalu di area objek wisata alam Sangkima SPTN Wilayah I Sangatta, kegiatan ini merupakan rangkaian Road To Hari Konservasi Alam Nasional (HKN) 2018 yang puncaknya dilaksanakan Jumat (10/8) mendatang.

KWR bertujuan mendekatkan masyarakat kepada TNK sehingga masyarakat akan semakin mengenalnya. Sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan kepedulian masyarakat terhadap kelestarian TNK. Harapannya, dengan merasakan manfaat dari TNK, dukungan untuk mempertahankan fungsi ekologi dan ekonomi taman nasional ini akan meningkat.

Mengangkat tema HKAN 2018 yaitu “Harmonisasi Alam dan Budaya di Taman Nasional Kutai”, KWR XII dikemas dalam rangkaian acara yang diwarnai keharmonisan antara berbagai dan keharmonisan dengan alam. Warna-warni budaya nusantara berupa tarian daerah Kaltim serta panitia yang mengenakan pakaian adat dari masing-masing daerah semakin menunjukkan keharmonisan dalam kebinekaan.

Selain itu, Balai TNK berkomitmen untuk menjadikan kegiatan akbar ini sebagai kegiatan bebas sampah plastik atau zero plastic waste. Dalam hal ini, pihak-pihak yang terlibat dilarang membawa botol kemasan di sepanjang kegiatan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sebaliknya, masing-masing peserta dan anggota panitia diberikan botol minuman berbahan stainless.  Pun dengan penyediaan makanan yang disiapkan dalam wadah yang harus dibawa pulang serta makan siang dengan cara prasmanan.

Event KWR XII tahun ini diikuti 600 peserta, dengan melibatkan panitia serta undangan sebanyak 400 orang.  Penyelenggaraan KWR disebut sangat strategis sebagai sarana komunikasi dan koordinasi  dalam pengelolaan TNK. Hal ini dikarenakan dalam kegiatannya melibatkan banyak stakeholder, baik yang berperan sebagai peserta maupun panitia pelaksana.

Bagikan berita ini!
  • 39
    Shares
loading...