oleh

Ancaman Buaya Dilenyapkan Turap TMMD Ke-102 Sukses Hilangkan Keresahan Warga

Banjir kerap menjadi momok bagi warga Bontang yang tinggal di sekitar bantaran sungai di Kelurahan Api-Api. Namun bukan banjir yang paling ditakuti warga. Melainkan buaya penghuni sungai yang bisa naik kapan saja ke daratan ketika air meluap.

MEGA ASRI, Bontang

Kini ancaman itu tak lagi dirasakan warga. Pasalnya dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-102 Tahun 2018, Kodim 0908/BTG melakukan penurapan sungai sepanjang 135 meter dan tinggi 3,5 meter di sisi sebelah kanan sungai yang melintas di simpang empat Bontang Kuala tersebut.

Minggu (5/8), Sugiyanti duduk memperhatikan sang suami membantu TNI menyelesaikan pengerjaan turap sungai. Bersama keluarganya, warga RT 27 Api-Api ini tinggal di bantaran sungai Kelurahan Api-Api.

Melihat penurapan sungai sudah hampir rampung, Sugiyanti merasa sangat senang. Pasalnya sejak dahulu, dia sudah berkali-kali meminta penurapan ke pemerintah daerah maupun ke pihak legislatif. Namun, semua permintaannya itu tak mendapat jawaban.

 

Barulah melalui program TMMD ke-102 di 2018 ini, keinginan Sugiyanti dan sebagian besar masyarakat di wilayah tersebut dapat terwujud. “Alhamdulillah, senang sekali, yang ditunggu-tunggu akhirnya terwujud,” tutur Sugiyanti.

Kepada Bontang Post, Sugiyanti mengisahkan, bila hujan deras, rumahnya tak pernah kebanjiran. Kalaupun hujan turun seharian dan menyebabkan sungai meluap, ketinggian air hanya sebatas parit dan tidak sampai masuk ke rumahnya.

Padahal, rumah Sugiyanti persis berada di bibir sungai dan paling ujung, dekat jembatan persimpangan Bontang Kuala. “Saya sejak 1996 tinggal di sini tak pernah kebanjiran. Walaupun tetangga kebanjiran, di sini (rumah Sugiyanti, Red.) tidak pernah,” kisahnya.

Meski tidak kebanjiran, meluapnya sungai memberikan ancaman lain bagi keluarga Sugiyanti. Salah satunya ancaman longsor. Namun yang lebih dikhawatirkannya yaitu ancaman binatang melata yang biasa muncul jika air sungai meluap. Buaya dan ular piton, dua binatang berdarah dingin itu tercatat pernah menampakkan wujudnya ketika terjadi banjir.

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares
loading...