oleh

Jemaah Bontang Terus Persiapkan Diri Jelang Puncak Ibadah Haji Petugas Kloter Lakukan Pembinaan, Kesehatan Jemaah Rutin Dikontrol

BONTANG – Guna memaksimalkan pelaksanaan puncak ibadah haji yang sebentar lagi akan tiba, para jemaah haji Bontang bersama dengan jemaah lainnya dari kloter 4 Balikpapan melaksanakan beberapa persiapan. Seperti menggelar rapat evaluasi, mempersiapkan kunjungan ke tempat-tempat bersejarah, melaksanakan pembinaan jemaah, hingga menggelar penyuluhan kesehatan.

Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) kloter 4 Balikpapan, Amir L mengatakan, menjelang pelaksanaan wukuf dan jamarat, kesiapan jemaah harus dimaksimalkan. Untuk itu, Sabtu (4/8) lalu petugas kloter menggelar rapat evaluasi dengan ketua regu (karu) maupun ketua rombongan (karom) yang ada di kloter 4 Balikpapan.

“Dalam hasil evaluasi, karu dan karom diminta untuk membantu jemaah wanita yang belum menyelesaikan ibadah umrah. Sekaligus membahas persiapan untuk pembayaran dam dan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah di Makkah,” ujarnya kepada Bontang Post.

Pembayaran dam kata Amir, merupakan kewajiban bagi jemaah yang mengambil haji tamattu’ atau mendahulukan umrah daripada ibadah haji. Terkait lokasi mana saja yang akan dikunjungi jemaah, Amir menyebut, tempat-tempat tersebut seperti  padang arafah, jabal rahmah, jabal nur, tempat pemotongan hewan, mina, musdalifah, jabal zur, masjid jin, hingga kuburan istri Rasulullah, Khadijah.

“Untuk jemaah Bontang sendiri, rencananya akan disiapkan tiga bus untuk berkunjung.” Ucapnya.

Ahad (5/8) kemarin, kegiatan jemaah dilanjutkan dengan pembinaan bagi jemaah haji dan penyuluhan kesehatan di musala pemondokan. Tak hanya sendiri, petugas kloter 4 Balikpapan dalam kesempatan ini juga bekerjasama dengan ketua dan tim kesehatan Sektor 05 Pemondokan Aziziah dan Kementerian Kesehatan RI.

“Semoga berbagai persiapan yang telah kami lakukan ini bisa memperlancar pelaksanaan saat puncak ibadah haji nanti,” haranya.

Sebagai informasi, tahun ini jemaah haji reguler asal Kota Taman yang berangkat menunaikan ibadah haji sebanyak 147 jemaah. Mereka tergabung dalam kloter 4 embarkasi Balikpapan bersama dengan 180 jemaah haji asal Kutim, 93 jemaah haji asal Kubar, dan 31 jemaah haji asal Balikpapan. Terbang dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan Selasa (31/7) lalu sekira pukul 17.15 Wita, para jemaah yang terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 4104 tersebut tiba di Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jeddah pada Rabu (1/8) dini hari Waktu Arab Saudi (WAS).

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...