oleh

“Blangkon Jogja” Solusi Lingkungan Sehat RT 07 Tanjung Laut   Sekcam Apresiasi Program Kerja Mahasiswa KKN Unmul Angkatan 44 

BONTANG – Dalam rangka menciptakan lingkungan sehat di salah satu rukun tetangga (RT) di Kelurahan Tanjung Laut. Senin (6/8), Sekretaris Camat Bontang Selatan, Budiman meresmikan program Bina Lingkungan RT 07 menjadi Kampung Tanaman Obat Keluarga (Toga) atau disingkat “Blangkon Jogja”.

Program kerja gagasan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Mulawarman (Unmul) angkatan 44 ini bertujuan membangun kesadaran masyarakat agar terlibat langsung dalam mengelola lingkungan sehat. Kegiatan tersebut bekerja sama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Tentunya, Budiman mewakili Kecamatan Bontang Selatan mengapresiasi inovasi Mahasiswa KKN Unmul angkatan 44 dalam memilih RT 07 Tanjung Laut sebagai pilot project “Blangkon Jogja”. “Mari kita dukung program kerja Adik-Adik KKN Unmul di wilayah RT 07 Tanjung Laut. Mudah-mudahan bisa menjadi contoh penggerak ibu-ibu lainnya untuk bisa melanjutkan program toga yang sangat bermanfaat ini,” ajak dia.

Seperti diketahui, toga dapat menjadi alternatif obat saat mengalami gangguan kesehatan. Dengan adanya toga, masyarakat dapat melakukan pencegahan atau pengobatan dini melalui tanaman-tanaman herbal yang tumbuh di sekitar tempat tinggalnya.

“Luar biasa semangat dan partisipasi Pak RT 07 Tanjung Laut dan seluruh warganya untuk menyukseskan program ‘Blangkon Jogja’. Sehingga, saya kira tidak susah jika ada program-program yang masuk di lingkungan ini. Termasuk salah satunya program kerja dari Adik-Adik KKN Unmul pagi ini (kemarin, Red.),” ucap Budiman.

Lebih lanjut dia berharap, toga tidak hanya berada di pekarangan rumah ketua RT saja, namun setiap rumah di wilayah RT 07 Tanjung Laut turut membudidayakan toga. Nantinya, kegiatan tersebut akan mendapat dukungan dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga
(PKK) tingkat kecamatan dan kelurahan. Agar terus sinergi antara program di kecamatan dan kelurahan dengan tiap RT.

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares
loading...