Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Menara BTS di Loktuan Goyang, DPRD Peringatkan Perusahaan Layangkan Surat Peringatan Kedua 

Published

on

Dibaca normal 3 menit

BONTANG – Menara telekomunikasi atau Base Transceiver Station (BTS) milik PT Dayamitra Telekomunikasi yang berdiri di RT 20 Loktuan kerap goyang ketika tertiup angin kencang. Hal tersebut tentunya membahayakan warga sekitar jika BTS sampai roboh. Senin (6/8) kemarin, Komisi III DPRD melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi BTS untuk melihat langsung kondisi menara.

Berdasarkan pantauan, kabel sling penahan BTS kendur. Hal tersebutlah yang membuat menara yang berdiri sejak 2011 tersebut goyang.

Wakil Ketua Komisi III Suhut Harianto mengatakan, sebelumnya dewan telah mengadakan rapat dengar pendapat April silam. Hasil saat itu, provider diberi waktu 15 hari untuk mengurus izin mendirikan bangunan (IMB) dan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal). Faktanya, hingga saat ini izin tersebut belum juga dikantongi.

“Nanti undang rapat lagi pemiliknya. Saya minta dijadwalkan dalam perubahan agenda DPRD melalui Badan Musyawarah (Banmus). Kami juga akan memanggil warga sekitar tower untuk duduk bersama,” kata Suhut.

Politisi Partai Demokrat ini juga menyebut pemerintah tidak konsisten. Seharusnya kata dia, 15 hari setelah rapat perusahaan wajib dipanggil kembali. Suhut meminta kepada Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP) untuk melayangkan surat peringatan (SP) kedua.

“Dalam waktu dekat harus diberi SP kedua. Jika tidak diindahkan beri lagi surat ketiga. Bila sudah tidak ada respon berarti berhak dieksekusi untuk dirobohkan,” ujarnya.

Senada, anggota Komisi III Muhammad Dahnial juga mengaku kecewa dengan sikap pemilik menara. Pasalnya, terdapat perubahan di luar keputusan saat rapat tempo hari. Di mana sumber utama listrik sebelumnya menggunakan tenaga diesel. Kondisi itu membuat kebisingan warga sekitar menara. Kini perusahaan telah menggantinya dengan arus bolak-balik atau alternating current (AC).

Sebelumnya1 dari 3 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments