oleh

Lulus Seleksi, Sapi Kurban Diberi Label Sehat Minta Masyarakat Lebih Spesifik Dalam Memilih 

SANGATTA – Salah satu syarat mengurbankan hewan pada hari raya Iduladha haruslah layak dan sehat. Maka dari itu, Pemkab Kutim melalui Dinas Pertanian (Distan) akan mengecek kesehatan sapi yang akan dijual pada masyarakat.

Pihaknya mengingatkan masyarakat untuk membeli hewan kurban yang sudah berlabel sehat dari Distan. Pasalnya, label tersebut merupakan bukti kesehatan dan layak dikonsumsi.

Menurut Kadistan Kutim, Sugiono mengatakan akan melakukan pemeriksanaan kesehatan hewan sepekan jelang hari raya kurban. Nantinya akan ada tim yang dibentuk Distan untuk memeriksa kesehatan hewan itu melalui pengecekan antimortem.

“Hewannya akan diperiksa. Agar dapat diketahui kondisi fisik luar, apakah ada kecacatan atau tidak. Jangan sampai sapi yang mau dikurban mengidap penyakit,” jelasnya saat coffee morning, belum lama ini.

Lebih lanjut, ia menjelaskan tahapan selanjutnya usai pemeriksaan kesehatan, yakni hewan-hewan tersebut akan diberi label sehat dari Distan. Hal ini juga sebagai antisipasi, pasalnya banyak hewan kurban yang didatangkan dari luar pulau.

“Sapi itu banyak kiriman dari Sulawesi dan Jawa. Walaupun biassnya sebelum dikirim, pasti sudah dicek, disini pun harus dicek kembali,” katanya.

Tidak berbeda, Kepala Bidang Peternakan Distan Kutim Mardi Suaibman, saat ditanya perihal persediaan hewan kurban di Kutim. Dirinya mengaku persediaan di Kutim aman, dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

“Stok hewan kurban diperkirakan banyak dan dapat memenuhi kebutuhan, hanya tinggal melihat daya beli masyarakat saja,” terangnya.

Dia juga mengimbau masyarakat untuk membeli hewan kurban yang sudah melalui proses pemeriksanaan kesehatan. Menurutnya masyarakat harus lebih spesifik lagi dalam memilih sapi yang telah terjamin.

“Tujuan adanya penanda itu bagus, jadi masyarakat tidak perlu ragu lagi, bahwa hewan kurban yang dikomsumsi oleh masyarakat terjamin kesehatannya,” tutupnya. (*/la)

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share