oleh

Berwisata Religi, Jemaah Bontang Mempelajari Sejarah dan Khasanah Keislaman 

BONTANG – Usai mendapat bimbingan dan penyuluhan beberapa waktu lalu, kini jemaah Bontang bersama jemaah lainnya dari kloter 4 Balikpapan mulai mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Makkah. Selain sebagai wisata religi, kunjungan ini juga sekaligus untuk mempelajari sejarah dan khasanah keikslaman yang ada di lokasi-lokasi tersebut.

Amir L, Ketua Tim Petugas Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kloter 4 Balikpapan mengatakan, Selasa (6/8) pagi lalu jemaah berhasil mengunjungi tempat pemotongan hewan di Pasar Kakiyah. Di sana, mereka bisa melihat langsung ratusan hewan disembelih. Selain tempat pemotongan hewan, mereka juga berkunjung ke Padang Arafah, Jabal Rahmah, Muzdalifah, Mina, Jabal Zur, Guwa Hira, Jabal Nur, Masjid Jin, serta Kuburannya Siti khadijah istri Rasulullah

“Alhamdulillah saat kunjungan kali ini jemaah dalam kondisi sehat dan antusias. Karena saat manasik dulu jemaah hanya bisa melihat dari tayangan saja, namun sekarang bisa melihat langsung, ” ujar Amir L.

Usai kunjungan ke lokasi-lokasi bersejarah, jemaah haji Bontang mengagendakan untuk melaksanakan umrah sunah. Sekaligus mengisi kegitan menjelang wukuf dan jamarat. “Waktunya masih kami jadwalkan” jelas Amir.

Sebagai informasi, tahun ini jemaah haji reguler asal Kota Taman yang berangkat menunaikan ibadah haji sebanyak 147 jemaah. Mereka tergabung dalam kloter 4 embarkasi Balikpapan bersama dengan 180 jemaah haji asal Kutim, 93 jemaah haji asal Kubar, dan 31 jemaah haji asal Balikpapan. Terbang dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan Selasa (31/7) lalu sekira pukul 17.15 Wita, para jemaah yang terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 4104 tersebut tiba di Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jeddah pada Rabu (1/8) dini hari Waktu Arab Saudi (WAS).

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...