oleh

Begini Upaya Kecamatan Bontang Selatan Jemput Bola ke Warga Perekaman e-KTP dan KIA di Kediaman RT

BONTANG – Kecamatan Bontang Selatan terus meningkatkan pelayanannya. Guna mewujudkan masyarakat tertib administrasi kependudukan, pihak kecamatan membuka pelayanan perekaman e-KTP dan Kartu Identitas Anak (KIA) langsung di Kediaman Ketua RT. Layanan tersebut sudah berjalan mulai Sabtu (28/7) hingga Sabtu 4/8) lalu.

Di tiga tempat yang berbeda yakni RT 7 Tanjung Laut, RT 32 Tanjung Laut, dan RT 15 Tanjung Laut Indah. Dengan jumlah  perekaman untuk tiga tempat adalah E-KTP 34 dan 311 KIA.

Sekretaris Camat Bontang Selatan (sekcam) Budiman mengatakan, kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin yang terus dilakukan Kecamatan Bontang Selatan. Kata dia, dalam  kegiatan ini merupakan bentuk pelayanan kepada masyarakat dalam pembuatan e-KTP dan KIA,  dengan sistem jemput bola yang terjun langsung ke RT.

“Tujuannya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Sebelumnya sudah kami lakukan di setiap kelurahan di luar jam kerja, yakni hari Sabtu dan Minggu. Tetapi animo masyarakat masih kurang. Sehingga, kami mengambil inisiatif terjun langsung ke RT setempat,” ungkap Budiman.

Dia pun berharap melalui program ini, seluruh masyarakat yang sudah wajib memiliki e-KTP dan KIA di wilayah Kecamatan Bontang Selatan, sudah terekam dengan baik. Dengan begitu dapat membantu data kependudukan untuk lebih akurat dan valid.

“Dengan mengikuti arahan kemendagri, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dengan Kecamatan dan kelurahan harus mendukung program ini. Setiap warga negara yang sudah wajib pilih, harus terekam kependudukan,” terang Budiman.(*/one)

Bagikan berita ini!
  • 10
    Shares