oleh

Pembahasan APBD Perubahan Alot  Dewan Minta Mekanisme Penyaluran Hibah Bansos Diperjelas

SAMARINDA – Pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Kaltim 2018 masih terus berlangsung. Setelah sebelumnya membahas pendapatan daerah, Rabu (8/8) kemarin, DPRD dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) kembali mengoreksi pendapatan dan belanja untuk anggaran akhir tahun ini.

Berbeda dengan rapat pembahasan anggaran sebelumnya yang diadakan secara tertutup, pertemuan lanjutan antara DPRD dan TAPD Kaltim diadakan dengan menyertakan awak media massa.

Rapat yang dilaksanakan pukul 14.00 Wita itu dipimpin Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Syahrun. Sedangkan dari pemerintah provinsi (pemprov), diwakili Penjabat (Pj) Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim, Meiliana.

Rapat di lantai 6 Gedung D DPRD Kaltim itu berlangsung alot. Beragam masukan dan kritik disampaikan Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltim. Salah satunya alokasi anggaran untuk proyek multiyears contract (MYC).

Kedua belah pihak masih belum satu pemahaman terkait perlu tidaknya alokasi anggaran untuk MYC. Ada yang berpendapat, MYC tidak dianggarkan di APBD Perubahan. Ada pula yang mengajukan agar sisa anggaran MYC Rp 450 miliar, dianggarkan penuh di APBD Perubahan. Sehingga tidak ada lagi beban pemprov di 2019.

Berikutnya, pembahasan belanja APBD Perubahan juga meliputi hibah bantuan sosial (bansos). DPRD meminta di akhir tahun ini, khususnya menjelang tahun politik, bansos dianggarkan. Anggota Banggar DPRD Kaltim, Mursidi Muslim menilai, bansos patut dipertimbangkan agar dialokasikan karena berhubungan aspirasi masyarakat.

“Sebab banyak itu konstituen kami yang mempertanyakan bansos ini. Ini juga sudah mendekati pemilu, kami takut tidak dipercaya oleh masyarakat,” kata Mursidi.

Sarkowi V Zahry menambahkan, setiap tahun masalah hibah bansos kerap kali jadi sorotan. Terlebih dari tahun ke tahun, masalahnya selalu sama. Munculnya permasalahan itu terjadi karena tidak ada aturan tentang tahapan pengurusan bansos.

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares
loading...