oleh

Peringati Hari Lingkungan Hidup, 260 Relawan KPC Sosialisasi Dampak Plastik  Sasar Sekolah dan Pasar di Kutim

PT Kaltim Prima Coal (KPC), Rabu (8/8), menurunkan 260 relawan lingkungan ke 45 sekolah dan empat pasar di Kutai Timur (Kutim). Para relawan diterjunkan dalam rangka menyosialisasikan bahaya plastik terhadap masa depan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Acara bertitel “KPC Beraksi Goes To School” dan “KPC Beraksi Goes To Market”, dilakukan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup 2018. Pada kegiatan tersebut, relawan melakukan sosialisasi ke 22 SD, 16 SMP, dan tujuh SMA di Sangatta Utara, Sangatta Selatan, serta Rantau Pulung. Sementara pasar yang didatangi adalah Pasar Induk Sangatta, Pasar Town Hall, Pasar Teluk Lingga dan Pasar Sangatta Selatan.

General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) KPC Wawan Setiawan mengapresiasi semangat para relawan pada kegiatan KPC Beraksi Goes To School dan KPC Beraksi Goes To Market tersebut. Para relawan tersebut sebagian besar adalah karyawan dan kontraktor serta dari Persatuan Istri Karyawan (PERISKA) KPC.

“Bapak dan ibu berangkat ke sini dengan niat yang baik, ikut berperan serta untuk pengurangan sampah plastik. Seperti kita ketahui, pencanangan Hari Lingkungan  2018 salah salah satunya adalah pengurangan sampah plastik, dengan tema beat plastic pollution,” ujar Wawan.

Mengutip hasil penelitian sejumlah ilmuwan dunia, Wawan mengatakan, Indonesia merupakan negara pembuang sampah plastik terbesar kedua ke laut setelah Tiongkok. Menurut data, jumlahnya mencapai 187 juta ton lebih. “Ini cukup menyedihkan, sebab sampah yang kita buang ke laut itu dimakan oleh kura-kura, ikan, dan burung laut,” kata Wawan.

Karena itu, Wawan mengapresiasi tim relawan yang ikut menyosialisasikan bahaya plastik di sekolah-sekolah dan pasar. “Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan lingkungan ini. Saat ini kami membutuhkan banyak orang yang peduli dan menyosialisasikan kebiasaan 4R (reduce, reuse, recycle, replace),” kata Wawan.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share