Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Surat Penguduran Awang Masuk Dewan  Pengajuan Pemberhentian Tunggu Sidang Paripurna 

Published

on

Dibaca normal 2 menit

SAMARINDA – Pencalonan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak sebagai anggota DPR RI bukan isapan jempol belaka. Sebab DPRD Kaltim memastikan telah menerima surat pengunduran diri orang nomor satu di Benua Etam tersebut.

Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Syahrun mengungkapkan, pihaknya telah menerima surat pengunduran diri mantan Bupati Kutai Timur itu awal pekan ini. Atas dasar itu, DPRD akan melakukan rapat untuk pengambilan keputusan.

“Kami akan kaji dulu suratnya, apakah nanti akan paripurna atau langsung pengambilan keputusan saja,” sebut Syahrun, belum lama ini.

Kata dia, sejatinya anggota DPRD sudah satu suara untuk menyetujui Awang mundur dari jabatannya sebagai Gubernur Kaltim. Sehingga tahapan akhir persetujuan pengundurannya, akan ditentukan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Karena nanti yang memproses dan menyetujui itu Kemendagri. Kami hanya memproses saja sesuai aturan yang ada,” tuturnya.

Berikutnya setelah Awang secara resmi mendapatkan surat pengunduran diri dari Kemendagri, maka jabatan itu digantikan oleh pejabat (Pj) Gubernur Kaltim. Pj tersebut akan menjalankan tugas gubernur sampai dilantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim periode 2018-2023 pada 18 Desember mendatang.

“Gubernur dan wakil gubernur yang terpilih itu akan dilantik pada 18 Desember. Jadi ada sekira tiga bulan jabatan gubernur akan dijabat Pj,” terangnya.

Politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu menyebut, Pj Gubernur Kaltim akan ditunjuk oleh Kemendagri. Dengan syarat, Pj berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) yang memiliki pangkat eselon I. ASN tersebut boleh diambil dari daerah atau pusat.

Di Kaltim sendiri, pejabat eselon I hanya dipegang Pj Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltim Meiliana dan Asisten I Bidang Pemerintahan Muhammad Sabani. Karena itu keduanya memiliki peluang untuk menjabat sebagai Pj Gubernur hingga akhir tahun 2018.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca