oleh

HEBAT!! Timnas Indonesia Juara Piala AFF U-16 2018

Timnas Indonesia U-16 menjadi juara Piala AFF U-16 2018 setelah mengalahkan Thailand 4-3 melalui babak adu penalti setelah bermain imbang 1-1 dalam laga 2×40 menit di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8) malam.

Timnas Indonesia berupaya mengambil inisiatif serangan seperti di laga-laga sebelumnya. Beberapa kali tusukan dari sayap maupun lini tengah yang dilakukan David Maulana dan kawan-kawan berhasil memasuki area kotak penalti Thailand, namun tidak ada eksekusi yang menuntaskan serangan Garuda Asia.

Menit ke-14 Amiruddin Bagus Kaffa menerima umpan dari Andre Oktaviansyah di dalam kotak penalti. Setelah melindungi bola, Bagus melepaskan tembakan yang membuat bola menerpa tiang kiri gawang Thailand. Pertandingan baru berjalan 17 menit, Fakhri Husaini melakukan pergantian pemain dengan menarik Amanar Abdilah dan memasukkan M Fajar Fathur Rachman.

Anak asuh Fakhri di lini tengah dan belakang menampilkan permainan yang cukup agresif untuk menghentikan upaya Thailand yang mulai bangkit di pertengahan babak pertama.

Pada menit ke-33 umpan panjang dari tengah yang dikirimkan Andre berhasil diselesaikan Fajar dengan sebuah sontekan. Kiper Anuchid Tawesri yang mencoba menutup pergerakan Fajar gagal menjangkau bola dan harus menerima gawangnya kebobolan.

Dua menit berselang kegagalan Ernando Ari Sutaryadi menghalau umpan silang membuat kemelut di depan gawang Indonesia. Untuk menghalau bola Komang Teguh dan Amirufin Bagas saling berbenturan kepala dan mendapat perawatan sejenak di pinggir lapangan.

Beberapa pelanggaran sempat terjadi di menit-menit akhir babak pertama. Indonesia U-16 berhasil mempertahankan keunggulan 1-0 hingga wasit meniup peluit panjang.

Memasuki babak kedua Thailand kembali berupaya mengejar ketertinggalan. Tim muda Gajah Perang menguasai bola dan membuat pemain Timnas Indonesia kesulitan menciptakan peluang untuk menambah gol.

Bagikan berita ini!
  • 36
    Shares
loading...