oleh

Mengenal Paman Doblang, Inisiator Komunitas Berbuat Saja Hasilkan Jutaan Rupiah dari Mengamen untuk Membantu Sesama

Keprihatinan terhadap lingkungan sekitar membuat seorang pria asal Kediri berinisiatif menggalang dana dengan cara mengamen. Di bawah naungan “Komunitas Berbuat Saja”, pria bernama Santoso yang karis dipanggil Paman Doblang ini mampu mengumpulkan jutaan rupiah.

DEVI, Samarinda

Sebagai inisiator sekaligus ketua Komunitas Berbuat Saja (Kombes), Santoso atau yang lebih dikenal dengan nama Paman Doblang menuturkan, awalnya komunitas ini terbentuk karena keprihatinan terhadap salah seorang korban tabrak lari. Hatinya tersentuh melihat anak yang kemungkinan akan mengalami cacat setengah badan seumur hidupnya hanya tidur dengan alas seadanya.

Dari sana, dia bersama seorang teman berinisiatif menggalang dana membelikan anak tersebut sebuah kasur. “Jadi awal niatnya Kombes ini untuk membantu salah seorang anak korban tabrakan. Kami mau membelikan kasur seharga Rp 380 ribu buat dia, makanya ngamen. Alhamdulillah waktu itu dapatnya Rp 500 ribu,” tutur Santoso.

“Niatnya sih untuk bisa membantu siapa saja yang memerlukan, namun tidak bisa dibantu dari rumah sakit karena rumitnya administrasi dan lain-lain,” tambahnya.

Santoso berkata, sebutan Paman Doblang dia dapatkan dari puisi WS Rendra yang digunakanbnya sebagai nama band kala itu. Sedangkan untuk nama komunitas sendiri, karena terlalu panjang, lambat laun disingkat menjadi Kombes. Komunitas ini telah resmi menjadi salah satu lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Samarinda.

Dikisahkan, nama ini terinspirasi dari kalimat yang sebenarnya sering dikatakan oleh Paman Doblang sendiri. “Dalam hidup yang penting berbuat saja, tidak usah terlalu mengkhawatirkan komentar orang,” kata pria kelahiran 1967 ini.

Berawal tiga orang anggota, kini Kombes memiliki anggota tetap sebanyak sebelas orang. Jumlah tersebut merupakan orang-orang yang mengurus administrasi Kombes, tidak termasuk para musisinya. Mereka semua turut membantu Kombes dengan sukarela alias tanpa bayaran.

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares
loading...