oleh

Jemaah Bontang Lakukan Umrah Sunah

BONTANG – Meski sudah melaksanakan umrah sejak awal kedatangan di Makkah, namun menjelang pelaksanaan wukuf kali ini, jemaah Bontang masih bersemangat melaksanakan ibadah. Terbukti sejak mendapatkan penyuluhan kesehatan dan melaksanakan wisata religi ke beberapa lokasi bersejarah, kini jemaah Bontang dan jemaah kloter 4 lainnya berinisiatif kembali melakukan umrah sunah. Umrah ini mereka laksanakan pada Kamis (9/8) lalu.

Amir L, Ketua Tim Petugas Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Kloter 4 Balikpapan mengatakan, dalam pelaksanaan umrah sunah kali ini, tidak dilakukan secara bersamaan. Untuk jemaah asal Kutai Timur (Kutim) dan Kutai Barat (Kubar), dilaksanakan pada Rabu (8/8)/ Sedangkan untuk jemaah asal Bontang, dilaksanakan sehari setelahnya.

“Jadwal ini yang mengatur dari jemaah sendiri. Kami petugas hanya memantau saja,” ujarnya saat dikonfirmasi Bontang Post.

Sebelum menjalankan umrah sunat kata Amir, terlebih dahulu jemaah mengambil miqat di Masjid Ji’ranah, Mekkah. Setelah itu, langsung melaksanakan serangkaian ibadah umrah. Hingga Jumat (10/8) lalu, Amir melaporkan hanya tersisa satu rombongan saja yang belum  melaksanakan umah sunah. Rombongan tersebut baru melaksanakannya pada Sabtu (11/8) kemarin.

“Saat ini kami sudah fokus menunggu pelaksanaan wukuf. Seluruh jemaah kami minta untuk banyak beristirahat dan untuk salat cukup salat berjemaah di musala hotel saja. Agar kesehatannya tetap terjaga,” pungkasnya.

Sebagai informasi, tahun ini jemaah haji reguler asal Kota Taman yang berangkat menunaikan ibadah haji sebanyak 147 jemaah. Mereka tergabung dalam kloter 4 embarkasi Balikpapan bersama dengan 180 jemaah haji asal Kutim, 93 jemaah haji asal Kubar, dan 31 jemaah haji asal Balikpapan. Terbang dari Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan Selasa (31/7) lalu sekira pukul 17.15 Wita, para jemaah yang terbang menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GIA 4104 tersebut tiba di Bandara King Abdul Aziz (KAA) Jeddah pada Rabu (1/8) dini hari Waktu Arab Saudi (WAS).

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares