oleh

Badan LNG: Pemanfaatan Sampah Organik dari Maggot Black Soldier Fly Protein Tinggi untuk Pakan Ayam dan Lele

BONTANG – Solusi mengatasi sampah terus menjadi perbincangan. Bahkan berbagai metode terus diupayakan. Namun, ada cara unik untuk mengatasi masalah sampah khususnya sampah organik dengan cara metode Biokonversi Black Soldier Fly (BSF).

Metode BSF merupakan cara pengolahan sampah organik dengan menggunakan larva (maggot) yang diletakkan pada sampah organik. Bertujuan untuk mereduksi sampah tersebut. Kini di tangan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Bontang. Sisa makanan yang jumlahnya mencapai 25 kilogram per hari dapat dimanfaatkan untuk pakan ayam dan lele.

Tak hanya memanfaatkan sisa makanan di Lapas Bontang, kotoran ayam, dan sampah organik lainnya dapat terurai oleh maggot. BSF berbeda dari lalat lainnya karena tidak membawa penyakit. Sebab hanya memakan buah-buahan sehingga kandungan maggot BSF tinggi protein untuk dijadikan pakan.

Berkat keberhasilan Rendy Irawan selaku Inisiator Program Ayam Organik di Kampung Asimilasi Lapas Bontang Mitra Binaan Badak LNG. BSF menjadi solusi mengatasi sampah di lingkungan Lapas Bontang.

Sebelumnya Rendy Irawan bersama salah seorang WBP Nasir telah melakukan uji coba tersebut pada Juli 2018 lalu. Guna mendukung hal tersebut, Badak LNG memberikan bantuan dalam pembuatan kandang pembiakan dan pemberian bibit BSF.

Sementara Kamis (9/8) kemarin, Nasir yang juga menangani ayam organik berbagi ilmu dan pengalamannya kepada WBP Lapas Bontang. Sharing knowledge berlangsung sebanyak tiga kali dengan memberikan pemaparan secara teori maupun praktik dalam menghasilkan maggot.

Dari hasil uji coba itu, kini WBP mampu menghasilkan 3 higga 4 kilogram per hari pakan ayam dan lele dari maggot BSF. Tentunya, dengan sistem ini dapat menghemat pengeluaran pakan pelet. (ra/adv)

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...