oleh

Kondisi Terkini Calhaj Kutim Jelang Ibadah Haji Rata-Rata Miliki Tensi Tinggi

MAKKAH – Calon Jemaah Haji (Calhaj) Kutim yang tergabung dalam kloter 4 Balikpapan, mengikuti pemeriksaan kesehatan, di Posko Kesehatan, Sabtu (11/8).

Posko tersebut berada di luar ruangan, yakni depan lift. Banyak jemaah yang melakukan pemeriksaan, sehingga dokter yang bertugas memberlakukan antrean, bagi yang memeriksa kesehatan.

“Bapak dan ibu yang mau periksa kesehatan harus antre ya. Jangan lupa bawa kartu kesehatannya,” kata dr Nelly kepada calon jemaah haji dari Kutim yang mau berobat.

Dijelaskan dr Nelly, sebagian besar yang periksa kesehatan, rata-rata tensinya tinggi. Hal itu disebabkan oleh berbagai faktor. Bisa karena kecapekan, kurang tidur, atau makanan serta pikiran. Kendati demikian, dokter yang memeriksa memberikan saran untuk beristirahat kepada jemaah yang terlihat capek. Sebab, puncak haji masih sekitar satu pekan lagi, sehinga harus menjaga kesehatan.

Bagi jemaah yang memiliki risiko tinggi (resti) mendapat perhatian khusus. Sebab, data kesehatan semua jemaah sudah terekam di tangan petugas kesehatan melalui handphone maupun laptop. Untuk itu, setiap dilakukan pemeriksaan kesehatan, kartu kesehatan yang sudah dibagikan saat di embarkasi Balikpapan harus dibawa, karena semua data sudah terekam.

“Ini sebagai bentuk tanggung jawab yang diberikan kepada kami. Sehingga kami siap memberikan pelayanan setiap saat, kapan pun diperlukan oleh jemaah,” tambah dokter Ratih. (ver/hms2)

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...