Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Klaim Sengketa Hanura Telah Usai PAW Herwan Dilakukan Bulan Depan

Published

on

Dibaca normal 2 menit

SAMARINDA – Meski sengketa internal Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) dimenangkan kubu Daryatmo dan Sarifuddin Sudding, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Hanura Kaltim tetap melakukan penggantian antar waktu (PAW) terhadap anggota DPRD Kaltim, Herwan Susanto.

Ketua DPD Partai Hanura Kaltim kubu Oesman Sapta Odang dan Herry Lontung Siregar, Suparni mengaku, surat persetujuan PAW Herwan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura telah diserahkan pada pimpinan DPRD Kaltim.

“Terkait PAW Herwan, semua syarat sudah terpenuhi. Tinggal menunggu paripurna dan pelantikan. Jadi tidak ada lagi masalah,” ungkapnya, Selasa (14/8) kemarin.

Dia menyebut, pihaknya telah mendapat kepastian PAW Herwan dari Ketua DPRD Kaltim, Muhammad Syahrun. Pekan lalu, Surpani beserta jajarannya juga mendapat keterangan serupa dari Sekretaris Dewan, Muhammad Ramadhan.

Dari hasil pertemuan tersebut, syarat penggantian terhadap politisi yang pindah ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu telah terpenuhi. Karena itu, perselisihan di internal tidak menjadi penghalang PAW.

“Sesuai dengan prosedur, pimpinan dewan akan menjalankan usulan itu. Tidak ada kendala teknis lagi. Tinggal kami menunggu paripurna dan pelantikan Pak Nixon sebagai pengganti Herwan,” ucapnya.

Bulan September mendatang, lanjut dia, sidang paripurna dan pelantikan Nixon Butarbutar sebagai pengganti Herwan akan dilaksanakan di DPRD Kaltim. “Itu paling lambat yah. Bisa saja paripurna lebih cepat,” katanya.

Surpani menyebut, sejatinya saat ini tidak ada lagi sengketa di internal Partai Hanura. Terlebih sebagian tokoh partai yang berada di kubu Daryatmo dan Sarifuddin Sudding, telah memutuskan pindah partai.

Selain itu, perselisihan yang sempat menjatuhkan elektabilitas partai besutan Wiranto itu dianggap Surpani sebagai bagian dari dinamika internal. Positifnya, setelah perpecahan dapat diredam, partai akan berkembang pesat.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments