oleh

Gerindra Akui Berkas Terselip Penuhi Persyaratan Pencalegan Dapil 6

SAMARINDA – Penambahan waktu perbaikan dokumen pencalonan anggota legislatif yang diberikan KPU benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh para pengurus Partai Gerindra Kaltim, Selasa (14/8) kemarin. Ketidakterpenuhan keterwakilan perempuan untuk daerah pemilihan 6 sebelumnya, kemarin telah dipenuhi Partai Gerinda dan dinyatakan lengkap oleh KPU Kaltim.

Ketua KPU Kaltim, Mohammad Taufik menuturkan, persyaratan pencalegan Partai Gerindra Kaltim di daerah pemilihan 6 yang meliputi Bontang, Kutim, dan Berau sempat tidak dimasukan dalam daftar calon sementara (DCS).

Keputusan itu diambil lantaran partai berlambang kepala garuda itu tidak memenuhi persyaratan keterwakilan perempuan. Hal itu karena salah satu caleg Partai Gerindra atas nama Halima dengan nomor urut 4 dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Tak pelak, gugurnya Halima dari pencalegan berdampak pada ikut gugurnya pencalonan para anggota legislatif Partai Gerindra yang lainnya di daerah pemilihan tersebut. Halima sendiri diketahui tidak menyerahkan persyaratan yang menerangkan bersangkutan pernah menjadi terpidana.

“Tapi setelah dilakukan mediasi kemarin (Senin, Red.), kemudian dibuat surat perubahan atas DCS dari nomor surat 364 diganti surat nomor 367, karena Gerindra telah memenuhi syarat dokumen yang kurang,” kata Taufik kepada awak media kemarin.

Kata dia, sebagaimana persyaratan pencalegan, setiap caleg yang pernah terjerat masalah pidana, terutama kasus tindak pidana korupsi, pencabulan, dan narkoba wajib menyampaikan pengumuman kepada media massa. Dan data tersebut wajib dilampirkan sebagai salah satu syarat pencalonan.

“Pada tanggal 26 Juli sudah melengkapi (mengumumkan lewat salah satu media masa), baru diserahkan pagi tadi (kemarin, Red.) sehingga dilakukan perubahan atas DCS yang sudah diumumkan,” tuturnya.

Terpisah, Sekretaris DPD Partai Gerindra Kaltim, Seno Aji mengatakan, sebagaimana hasil mediasi yang dilakukan dengan Bawaslu dan KPU Kaltim, berbagai kekurangan persyaratan dokumen pencalegan di dapil 6 telah dipenuhi semua oleh pihaknya kemarin.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...