oleh

Pusling Hadir untuk Masyarakat Pesisir Bontang Tumbuhkan Minat dan Budaya Baca bagi Generasi Muda

BONTANG – Guna menumbuhkan minat baca pada generasi muda Bontang, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DKP) mengunjungi perkampungan atas laut, Rabu (15/8) kemarin. Kegiatan rutin layanan perpustakaan keliling (pusling) ini dalam rangka memasyarakatkan minat dan budaya membaca masyarakat, terutama masyarakat pesisir.

Pada kesempatan itu, SD Yayasan Pembinaan Pendidikan Islam (YPPI) Malahing, Kelurahan Tanjung Laut Indah mendapat giliran pertama pada pusling tahun ini. Sekira 27 murid kelas 1 hingga 5 SD antusias menyambut kedatangan tim DKP.

Kepala DKP Dobi Rizami melalui Kasi Pengelolaan dan Pelayanan Perpustakaan, Henny Roosiana mengatakan, meski sempat vakum pada 2017 karena terkendala anggaran. Di 2018 program pemasyarakatan minat dan budaya membaca untuk masyarakat pesisir kembali berjalan.

Tak hanya Malahing, hari ini tim DKP bertandang ke salah satu sekolah dasar di Tihi-Tihi, Kelurahan Bontang Lestari. Dan rencananya pada September mendatang kembali melanjutkan kegiatan yang sama ke kampung atas laut Gusung dan Selangan.

Lanjut Henny, sebanyak kurang lebih 100 buku bacaan jenis cerita gambar (cergam), dongeng, hingga buku-buku panduan tentang berkebun, beternak, dan lainnya sengaja dibawa untuk merangsang minat baca generasi muda di wilayah tersebut. Tak hanya diberikan waktu dua jam membaca SD YPPI Malahing juga mendapat hibahan 50 lebih buku dan majalah. Di antaranya majalah Trubus, Kartini, Intisari, Hidayah, buku pelajaran, hingga buku cergam lainnya.

“Buku hibahan yang kami bawa banyak dari pemberian masyarakat yang sudah kami sortir. Tujuannya menggalakkan minat baca warga Malahing. Tim DKP juga membawa Pustakawan bertugas membacakan dongeng untuk anak-anak yang belum bisa membaca,” kata Henny.

 

Ia berharap, melalui program ini dapat menumbuhkan minat baca generasi muda, utamanya bagi anak-anak usia 5 tahun ke bawah yang belum bisa membaca dengan lancar. Henny pun mengimbau masyarakat Bontang yang memiliki ragam buku atau majalah tak terpakai dapat menghibahkannya untuk masyarakat pesisir.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...