oleh

Prajurit dan Komandan Wajib Ziarah

LAYAKNYA pahlawan Kaltim lainnya, nama Awang Long diabadikan pemerintah baik untuk nama jalan maupun nama instansi/lembaga di Bumi Etam. Termasuk salah satunya menjadi nama batalion infanteri di lingkungan Kodam VI Mulawarman, Yonif 611 Awang Long (Awl) di Loa Janan, Samarinda.

Menariknya, nama yang disandang sejak 24 Oktober 1970 tersebut bukan sekadar tempelan atau penghargaan terhadap panglima militer Kerajaan Kutai Kartanegara tersebut. Melainkan semangat sang senapati benar-benar diresapi dan ditularkan kepada para personel infanteri di Yonif 611/Awl tersebut. Hal ini ditandai dengan “ritual” ziarah makam yang rutin dilakukan Yonif 611/Awl.

Komandan Yonif 611/Awl, Mayor Inf Moch Rizqi Hidayat Djohar menuturkan, satuannya bukan sekadar menyandang nama Awang Long. Melainkan turut menggembleng setiap prajurit untuk meneladani kepahlawanan sang panglima.

Pengenalan terhadap sosok Awang Long dilakukan Yonif 611/Awl sejak prajurit baru menjejakkan kaki di lingkungan batalion. Yaitu dengan mengharuskan prajurit maupun komandan yang baru bertugas di Yonif 611/Awl, untuk melakukan ziarah ke makam Awang Long di kompleks pemakaman Awang Long di RT 4 Kelurahan Sukarame, Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar).

“Tujuannya (ziarah) untuk menumbuhkan rasa bangga dan cinta kepada kesatuan. Supaya mengenang Awang Long sebagai panglima pendahulu, meneladani sikap-sikap positifnya, jiwa pemberani, pengabdian, dan setia pada negara,” urai Rizqi.

Dalam ziarah tersebut, para prajurit baru mengikuti latihan taktis untuk mengambil badge Awang Long di bukit yang berada di belakang makam Awang Long. Kisah Awang Long sendiri secara garis besar disampaikan kepada para prajurit di lingkungan Yonif 611/Awl, khususnya terkait sikap dan perilaku yang layak diteladani.

Ziarah ke makam Awang Long turut dilakukan sebelum dan sesudah Yonif 611/Awl melakukan operasi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada Awang Long selaku panglima pendahulu di tanah Kutai.

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares