Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Tak Dikenal, Hanya Dianggap Nama Jalan

Published

on

Dibaca normal 7 menit

BONTANG menjadi salah satu daerah di Kaltim yang salah satu jalannya diberi nama Jalan Awang Long. Jalan tersebut termasuk jalan utama, karena menjadi lokasi kantor lembaga dan instansi pemerintahan. Bahkan rumah jabatan Wali Kota Bontang berada di jalan ini.

Memiliki panjang sekira 1,5 kilometer, Jalan Awang Long terbentang dari simpang tiga Jalan MH Thamrin, lurus ke arah barat hingga simpang empat Bontang Kuala yang menjadi pertemuan Jalan DI Panjaitan, Jalan Pierre Tendean, dan Jalan KS Tubun.

Di sepanjang jalan tersebut, berdiri beberapa perkantoran meliputi Markas Kodim 0908/BTG, Kejaksaan Negeri Bontang, Kantor Kecamatan Bontang Utara, Rumah Jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bontang berikut pendoponya.

Kemudian eks Kantor Wali Kota lama yang sekarang dihuni beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) Bontang. Meliputi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bontang, Dinas Penanaman Modal, Tenaga Kerja, dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTK-PTSP) Bontang, Auditorium Taman 3D, dan perwakilan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Pemberdayaan Masyarakat (Dissos-P3M) Bontang.

Terus melintasi simpang tiga Salebba, terdapat Balai Taman Nasional Kutai (TNK), Pengadilan Negeri (PN) Bontang, Badan Pusat Statistik (BPS) Bontang, Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang. Setelah tikungan, terdapat Pengadilan Agama (PA) Bontang yang masih berada di garis Jalan Awang Long.

Sayangnya, nama Awang Long di Bontang sekadar dikenal sebagai nama jalan. Tak banyak yang mengenalnya sebagai nama pahlawan pejuang kemerdekaan asal Kaltim. Hanya segelintir yang mengetahui Awang Long sebagai panglima yang mengorbankan jiwanya melawan penjajah Belanda.

Fakta ini terungkap dari survei kecil-kecilan yang dilakukan tim Bontang Post. Garis besar survei menyimpulkan, delapan dari sepuluh warga Bontang tak tahu siapa sosok Awang Long. Sementara dari dua tersisa, satu di antaranya mengetahui Awang Long berikut kilasan perjuangannya, satu lainnya hanya mengetahui Awang Long sebagai sosok pahlawan Kaltim.

Sebelumnya1 dari 6 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments