Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Usai Pawai, Sampah Berserakan Jaang: Setahun Sekali Tidak Apa-Apa 

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SAMARINDA – Setiap setahun sekali, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda menggelar pawai pembangunan yang diikuti seluruh SMA maupun instansi yang ada di Kota Tepian. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan yang dihadiri ribuan penonton dan peserta pawai ini menyisakan banyak sampah berserakan di pinggir-pinggir jalan protokol.

Kebiasaan membuang sampah sembarangan setiap penyelenggaraan event ini kembali menjadi sorotan. Padahal di sekeliling tempat kegiatan pastinya telah disediakan tempat sampah, meski jumlahnya masih kurang memadai.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Samarinda, Syaharie Jaang berkata, harusnya masyarakat dapat menjaga kebersihan bersama selama pawai. Kendati demikian, ia masih memberikan toleransi karena ini perhelatan setahun sekali.

“Tidak apa-apalah. Ini kan kegiatan setahun sekali. Nanti dinas kita yang akan membersihkan. Yang penting jangan setiap hari lempar-lempar sampah seperti itu. Kalau mereka nanti seperti itu besok, saya tangkap.,” tutur Jaang usai pawai pembangunan di Jalan Awang Long, Sabtu (18/8) kemarin.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda, Nurrahmani mengatakan, akan segera membersihkan  sampah tersebut. Pihaknya telah menurunkan sekira 233 pekerja untuk membersihkan sampah-sampah sisa pawai pembangunan itu.

“Kalau mengandalkan penyapu jalan saja tidak akan cukup untuk mengkoordinasi sampah sisa pawai. Jadi, semua tenaga yang ada kami kerahkan hingga ke sopir-sopirnya. Karena hari ini juga (kemarin, Red.) jalanan harus bersih dari sampah,” kata dia.

Sedangkan untuk jumlah sampah yang dihasilkan pawai pembangunan pada hari ini (kemarin, Red.), wanita yang lebih akrab disapa Yama ini berkata, belum mengetahui secara pasti karena petugas masih dalam tahap pembersihan di lapangan.

“Kegiatan pembersihan masih berlangsung di kawasan rute pawai. Hari ini (kemarin, Red) kawasan jalan dan parit di jalur rute pawai yang dibersihkan. Besok (hari ini, Red.) akan disisir ulang agar lebih bersih secara mendetail,” pungkasnya. (*/dev)

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca