Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]

Connect with us
Bermita Bersama Kami

Bontang

Selambai Bakal Diguyur Rp 50 Miliar Program Pengentasan Kekumuhan dari Pemerintah Pusat

Published

on

Dibaca normal 2 menit

BONTANG – Perbaikan infrastruktur akan kembali diprogramkan oleh pemerintah pusat kepada Pemkot Bontang. Dalam waktu dekat, Kampung Selambai menjadi bidikan dalam hal pengentasan kekumuhan. Tak tanggung-tanggung nominalnya pun besar mencapai Rp 50 miliar.

Sekretaris Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (DPKPP) Maksi Dwiyanto mengatakan anggaran tersebut masuk dalam program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini telah masuk dalam tahapan perencanaan.

“Selambai kami ajukan untuk mendapatkan anggaran dalam hal pengentasan kekumuhan,” kata Maksi usai menghadiri upacara HUT ke-73 RI di Stadion Taman Prestasi, Jumat (17/8) lalu.

Adapun infrastruktur yang menjadi prioritas ialah perbaikan jalan. Nantinya jalan utama sepanjang 350 meter akan dibeton. Tentunya hal ini akan mempermudah akses warga yang bermukim di lokasi tersebut.

Tak hanya itu, mengingat kampung Selambai berada di atas air. Maka diperlukan fasilitas keamanan dalam penanganan terjadinya musibah kebakaran. Melalui program ini juga bakal disediakan fasilitas pompa kebakaran.

“Untuk fire hidrant nanti akan dipasang di empat titik. Tujuannya agar mempermudah petugas bilamana terjadi musibah yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Bukan itu saja, fasilitas kebersihan berupa penyediaan tempat sampah juga diberikan. Setiap titik terdapat tiga tempat sampah untuk jenis organik, non-organik, dan kertas. Maksi berharap ketersediaan sarana ini dapat mengaktifkan partisipasi masyarakat untuk membuang sampah berdasarkan kategorinya.

Nantinya sarana toilet umum juga bakal ditempatkan di sejumlah titik di kawasan tersebut. Bahkan saluran pembuangan air limbah juga akan menjadi fokus penataan.

Sehubungan dengan rumah warga, Maksi menyebut akan ada sedikit penataan. Ke depan hunian di sana akan dihadapkan ke arah laut. “Ini untuk mempercantik. Wajah hunian akan dihadapkan ke laut,” ungkapnya.

Sebelumnya Pemkot Bontang telah melakukan sosialisasi kepada kelompok swadaya masyarakat di area tersebut. Termasuk rencana Pemkot Bontang untuk melengkapi dengan pembangunan dermaga dan pujasera.

Sebagai informasi, tujuh kelurahan di Bontang juga mendapatkan bantuan Kotaku. Namun nominalnya tidak sebesar yang ada di Selambai. Ketujuhnya meliputi Kelurahan Tanjung Laut, Berebas Tengah, Belimbing, Bontang Lestari, Loktuan, Guntung, dan Tanjung Laut Indah. (ak)

Advertisement
Comments