oleh

1.827 Hewan Kurban Bontang Dapat Label Sehat DKP3 Bontang Imbau Masyarakat Teliti Sebelum Membeli

BONTANG – Sebanyak 1.827 ekor hewan kurban yang dijual para peternak di 145 titik sudah memenuhi syarat dan mendapat label sehat dari Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang. Masyarakat Bontang pun diimbau untuk teliti dalam memilih hewan kurban yang akan dibelinya.

Kepala DKP3 Bontang, Aji Erlinawaty mengatakan, setiap tahun pihaknya rutin melakukan pengecekan hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban di seluruh pedagang hewan kurban. Totalnya, terdapat sebanyak 931 ekor sapi dan 896 kambing yang sudah diperiksa dan semuanya sudah dipastikan kondisi fisiknya sehat.

“Mereka yang dinilai sehat mendapat label sehat dan surat sehat, sebagai tanda bahwa hewan tersebut laik untuk dijadikan hewan kurban,” jelas Aji saat melakukan peninjauan ke salah satu pedagang hewan kurban di wilayah Jalan KS Tubun, Kamis (16/8) lalu.

Pengecekan kesehatan pun meliputi kesempurnaan fisik hewan kurban. Baik dari mata, hidung, mulut, kaki, dan lainnya. Termasuk bulu dan ekornya yang masuk istilah antemortemnya. Selain fisik, pihak DKP3 Bontang juga melakukan pemeriksaan feses, khusus untuk sapi yang kemudian dikirim ke laboratorium di Provinsi Kaltim. Hal itu, kata Aji untuk memastikan kondisi kesehatan sapi kurban.

“Dari feses itu dapat diketahui apakah sapi itu terindikasi virus atau tidak. Kami mengirim sampel feses sapi sebanyak 45 ekor di seluruh Bontang,” ujarnya.

Mengingat Iduladha tinggal beberapa hari lagi, Aji mengimbau agar masyarakat Bontang jika ingin membeli hewan kurban pastikan hewan tersebut sudah mendapat label sehat dan mendapat surat keterangan sehat.

Sapi-sapi yang dijual, banyak berasal dari Sulawesi. Sementara kambing ada juga yang berasal dari Jawa Timur.(mga)

 

 

 

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...