oleh

Ada Kabar Gembira Bagi 30 KUBE-FM di Kota Taman Diguyur Rp 20 Juta per KUBE

BONTANG – Kabar gembira bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Kota Bontang.  Dinas Sosial Provinsi Kaltim akan mencairkan kembali bantuan dana sebesar Rp 20 juta per Kube.

Adapun jumlah penerima manfaat tahun ini sebanyak 30 Kube. Hal tersebut disampaikan Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni saat membuka Bimtek Penerimaan Manfaat Kelompok Usaha Bersama Fakir Miskin (KUBE-FM) di Aula SLB Negeri, Kelurahan Bontang Kuala, Senin (20/8) pagi.

Alhamdulillah, tahun ini 30 Kube dibantu oleh Dinas Sosial Provinsi Kaltim. Mudah-mudahan tahun depan bisa 50 Kube yang dapat,” ujar Neni.

Bantuan ini, lanjutnya, merupakan upaya Pemerintah Kota Bontang untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Taman. Untuk itu, Neni berharap manfaat dapat dipergunakan dengan baik sehingga ke depan masyarakat bisa mandiri.

Tidak sekedar diberikan modal, ia juga menambahkan bahwa penerima manfaat akan mendapat pendampingan secara intensif. Fungsi pendamping adalah sebagai pemberi informasi, motivator, fasilitator dan pembimbing Kube dalam menjalankan usahanya.

Dengan digelarnya bimtek ini, besar harapan Neni pengetahuan Kube-FM dapat bertambah. Ia juga berharap bantuan yang diterima dapat memberdayakan diri, kelompok hingga digulirkan pada keluarga miskin lainnya di lingkungan Kube. Sehingga makin memperkuat ketahanan ekonomi keluarga khususnya masyarakat Kota Bontang pada umumnya.

Neni pun melanjutkan. Ia pun berharap Kube dapat menangkap peluang dari program pemerintah.

“Saya harap ibu-ibu bisa berinovasi. Tidak lagi usaha sarang semut dan jual onde-onde saja, tetapi bisa dirembuk kemudian bikin usaha, misalnya jamur, usaha kursi nikahan atau usaha tenda agar nantinya bisa disewakan. Sebenarnya bagaimana caranya bantuan tadi bisa memberikan untung yang besar,” jelas Neni. (hms8)

Bagikan berita ini!
  • 5
    Shares