Advertorial

DPK Bontang Kunjungi SD 016 Tihi-Tihi

BONTANG – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang terus menggalakkan minat baca di wilayah pesisir. Dengan mengunjungi perkampungan di atas laut, yakni SD 016 Tihi–Tihi, Kamis (16/8).

Dalam kunjungan tersebut merupakan pelayanan perpustakaan keliling (pusling) yang rutin dilakukan. Puluhan murid antusias menyambut perpustakaan keliling tersebut.

Kepala DPK Dobi Rizami melalui Kasi Kerja sama dan Pengembangan SDM, Drs Makhmuddin mengatakan, kegiatan ini merupakan yang kedua. Kata dia sebelumnya sudah dilakukan di SD Yayasan Pembinaan Pendidikan Islam (YPPI) Malahing. Tujuannya, pemasyarakatan minat dan budaya membaca untuk masyarakat pesisir kembali berjalan.

“Ini merupakan agenda rutin untuk memberikan wadah pojok baca di wilayah pesisir. Sebanyak kurang lebih 100 buku bacaan jenis cerita gambar (cergam), dongeng, hingga buku-buku panduan tentang berkebun, beternak, dan lainnya dibawa. Selain itu, juga dilakukan penyerahan buku hibah yakni, 20 eks majalah kartini, 10 eks majalah Bobo, 20 eks buku pelajaran dan 20 majalah trubus,” kata Makhmuddin.

Dia pun berharap melalui program ini, dapat menumbuhkan minat baca generasi muda, utamanya bagi anak-anak usia 5 tahun ke bawah yang belum bisa membaca dengan lancar. Makmudin pun mengimbau masyarakat Bontang yang memiliki ragam buku atau majalah tak terpakai, dapat menghibahkannya untuk masyarakat pesisir.

“Dengan adanya program ini minat baca di wilayah pesisir tinggi. Sehingga menambah wawasan mereka. Karena dengan membaca adalah jendela dunia,” terang Makhmuddin.

Di katakan dia, seluruh wiayah pesisir akan dikunjungin. Rencananya pada September mendatang kembali melanjutkan kegiatan yang sama ke kampung atas laut Gusung dan Selangan.

“Buku hibahan yang kami bawa banyak dari pemberian masyarakat yang sudah kami sortir. Tujuannya menggalakkan minat baca warga Malahing. Tim DPK juga membawa Pustakawan bertugas membacakan dongeng untuk anak-anak yang belum bisa membaca,” kata Henny.

Sementara itu, tenaga pengajar di SD 016 Tihi-Tihi, Amiruddin mengucapkan terima kasih kepada DPK Bontang yang sudah berkunjung di sekolahnya. Kata dia,  dengan buku yang diberikan dapat bermanfaat dan menumbuhkan minat baca para siswa.

“Alhamdulilah program ini sangat membantu kami yang berada di wilayah pesisir. Di sini jumlah siswanya 43 anak dengan 7 tenaga pendidik. Harapan kami program ini sering dilakukan karena sangat bermanfaat buat kami,” ungkap Amiruddin.(adv/one)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button