oleh

iBontang, Inovasi Terbaru DPK  Aplikasi Perpustakaan Digital, Dijadwalkan Launching saat HUT Bontang

BONTANG – Di era serba digitalisasi ini, membuat semua elemen dituntut harus berinovasi agar tidak tergerus zaman. Salah satunya di bidang perpustakaan. Saat ini urusan pinjam meminjam buku tidak hanya bisa dilakukan di perpustakaan saja, namun juga bisa dipinjam secara online melalui aplikasi buku digital.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang pun telah melakukan inovasi baru dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pembaca buku di Kantor DPK. Saat ini, DPK bekerjasama dengan PT Woolu Aksaramaya telah menggarap aplikasi perpustakaan digital yang diberi nama iBontang. Sebelum aplikasi tersebut dirancang, Kamis (30/8) kemarin DPK bersama PT Woolu Aksaramaya dari Jakarta menggelar kegiatan bertajuk “Pemaparan Aplikasi Perpustakaan Digital Berbasis Media iBontang”. Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Multimedia Kantor DKP ini turut dihadiri Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, founder PT Woolu Aksaramaya Sulasmo Sudharno, Kepala DPK Dobi Rizami, perwakilan OPD, dan perwakilan camat dan lurah se-Bontang.

“Aplikasi ini kami targetkan launching pada 11 Oktober mendatang bertepatan dengan momen HUT ke-19 Bontang,” ujar Dobi.

Kata dia, aplikasi ini dihadirkan karena merupakan tuntutan zaman yang semakin canggih. Sehingga DKP berharap, terobosan ini bisa semakin meningkatkan minat baca masyarakat, agar sekaligus mendukung Bontang sebagai kota literasi.

“Ke depan dengan aplikasi ini kami ingin masyarakat bisa semakin mudah dalam mencari informasi,” terangnya.

Usai pemaparan nanti, langkah berikutnya yang dilakukan DPK adalah melakukan bimbingan teknis (bimtek) dan sosialisasi kepada masyarakat umum. Sehingga program ini bisa diketahui oleh banyak masyarakat. Adapun mekanisme dari aplikasi ini kata Dobi, yakni tinggal men-download nya di playstore, kemudian melakukan registrasi, lalu bisa mencari judul buku yang ingin dipinjam. Nantinya, buku digital itu pun bisa dibaca hanya melalui smartphone. (bbg/adv)

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share