Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

Indexim Kembali Cemari Lingkungan Sebut Perusahaan Kerap Ingkar Janji, Truk Disegel Warga

Published

on

Dibaca normal 2 menit

KALIORANG – Setiap musim kemarau tiba, warga Kecamatan Kaliorang diresahkan oleh debu batubara yang meningkat di udara dan mencemari Desa Kaliorang. Warga yang resah menghentikan aktivitas  truk batubara PT Indexim Coalindo yang melintas jalur houling sejak Rabu (29/8).

Penghentian aktivitas tranportasi batubara seperti truk dan konveyer sudah sering diakukan warga Kaliorang. Sebulan ini saja misalnya, sudah beberapa kali dilakukan pengadangan. Di antara warga yang melakukan penghentian ialah Sultan(40) dan Ocal (38).

Mereka berdua masuk ke pelabuhan konveyer batubara, untuk menghentikan sementara aktivitas pertambangan di sekitar pelabuhan. Mereka meminta penanganan debu agar tidak mengganggu aktivitas dan kesehatan warga.

“Setiap tahun di musim kemarau ketika angin selatan datang, angin dari laut tepatnya di pelabuhan loading batubara berhembus ke arah kampong, membawa debu batubara yang mencemari kampung. Sudah bertahun-tahun kami menghirup debu batubara,” jelas Sultan.

Jarak pelabuhan konveyer batubara PT. Indexim Coalindo dengan pemukiman warga Kaliorang kurang lebih satu kilometer.  Sehingga ketika kemarau seperti saat ini, debu batubara sangat mudah terbawa dan mencemari udara pemukiman.

Debu batubara juga mengotori rumah, sekolah, puskesmas hingga mengotori tempat ibadah. Tidak hanya itu, masyarakat juga khawatir mengenai kondisi kesehatan mereka, apalagi terhadap kesehatan anak akibat dari debu batubara.

Permasalahan debu yang telah terjadi selama bertahun-tahun sudah beberapa kali dibahas oleh pihak pemerintah desa. Mereka pernah menuntut penanganan dan tanggung jawab kepada pihak perusahaan.

Dalam pembahasan lima bulan terakhir antara pemerintah desa dan perusahaan didapatkan kesepakatan, bahwa perusahan akan menangani permasalahan debu dan melakukan cek kesehatan gratis setiap 3 bulan sekali di Desa Kaliorang.

Sudah ada 2 surat kesepakatan yang dipegang sebagai bukti janji oleh perusahaan, bahwa akan ada penanganan masalah debu di kampung.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments