oleh

Rentan Celaka, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi kepada Nelayan Ingatkan Pentingnya Jaminan Sosial

BONTANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan cabang Bontang terus meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya jaminan sosial, khususnya kepada nelayan Bontang. Terbaru, BPJS Ketenagakerjaan cabang Bontang kembali menyosialisasikan program ke nelayan di wilayah Gusung, Tanjung Laut Indah, dan Berebas Tengah.

Kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan brand awarness BPJS Ketenagakerjaan dalam melindungi seluruh tenaga kerja Indonesia. Baik dari sektor formal maupun informal terutama sektor Bukan Penerima Upah (BPU). Di mana nelayan dan anak buah kapal (ABK) pun masuk dalam kategori sektor informal. Berkewajiban mendaftarkan dirinya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS.

Selain itu sesuai dengan UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) juga sesuai UU Nomor 13 Tahun 2013 tentang Ketenagakerjaan, dan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan (Permen KP) Nomor 42 Tahun 2016 tentang Perjanjian Kerja Laut bagi Awak Kapal Perikanan.

Agus Hariyanto selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Bontang mengungkapkan, kesadaran masyarakat khususnya nelayan terhadap jaminan sosial ketenagakerjaan sangat diperlukan. Karena dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan akan memberikan jaminan terhadap risiko keselamatan kerja dan kematian terhadap para pekerja.

“Para nelayan tentunya juga harus terlindungi pada saat beraktivitas maupun bekerja. Karena kita juga tidak tahu risiko yang dialami nelayan saat bekerja. Maka dari itu BPJS Ketenagakerjaan hadir untuk melindungi masyarakat pada saat bekerja,” ungkapnya.

Lanjut dia, untuk peserta BPU hanya dengan membayar Rp 16.800 maka keuntungan yang didapat berupa jaminan biaya perawatan kecelakaan kerja tidak berbatas. Bukan hanya itu, ahli waris akan mendapatkan tunjangan kematian sebesar Rp 24 juta hingga Rp 48 juta dan tambahan beasiswa.

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares