Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

Warga Mulai Perbaiki Rumah yang Rusak Bantuan Mulai Berdatangan ke Rantau Pulung 

Published

on

Dibaca normal 2 menit

SANGATTA – Usai angin kencang yang menerpa pemukiman di Rantau Pulung, Pemerintah Kutim segera mengambil tindakan, yakni menyalurkan bantuan ke lokasi musibah.

Tindakan respon cepat dilakukan guna membantu masyarakat yang mengalami kerugian materiel. Terlebih jika tempat tinggal yang dihuninya mengalami kerusakan.

Kepala Bidang Bantuan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kutim, Sudarto mengatakan, pihaknya telah menyalurkan bantuan berupa sembako, seperti beras, mie, telur, dan minyak goreng kepada para korban.

“Kami baru saja memberikan bantuan sementara kepada Korban bencana seperti, beras 250 kg, mie 20 Dus, telur 20 piring, minyak goreng 20 liter,” terangnya saat dikonfirmasi, Jumat (31/8).

Ia mengatakan, bantuan ini sifatnya sementara. Jika dirasa masih ada kekurangan, seharusnya bisa membantu untuk hal lain. Sementara itu, untuk posko dan bantuan seperti dapur umum, pihak dinsos tidak mendirikan, lantaran para warga masih bisa menetap di kediamannya.

“Kami sudah bekoordinasi dengan camat, tapi sepertinya hampir semua rumah masih bisa dipakai, sehingga tidak diperlukan dapur umum maupun posko evakuasi,” paparnya.

Akibat dari kejadian tersebut, nampaknya saat ini sejumlah masyarakat telah melakukan perbaikan atas kerusakan yang terjadi. Seperti perbaikan atap atau bagian rumah yang menjadi puing-puing reruntuhan yang menjadi sampah.

Tidak hanya masyarakat yang memperbaiki rumahnya, nampak  juga beberapa anggota TNI dan Polisi, juga pihak lain turut membantu memperbaiki rumah masyarakat secara bergotong royong.

Berbeda, Camat Bengalon, Mulyono mengatakan, saat ini sebagian warga terus merenovasi rumahnya. Dirinya juga menyampaikan data, sebanyak 248 rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan ringan, sedang, hingga parah di tujuh desa di Kecamatan Rantau Pulung.

“Masyarakat mulai berbenah, mereka dibantu personel kodim dan polres, juga beberapa elemen lainnya dalam memperbaiki rumah warga yang roboh,” katanya.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca