oleh

248 Bangunan di Ranpul Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

SANGATTA – Saat dilakukan pendataan hingga malam Kamis (30/8) kemarin, tercatat 248 bangunan warga rusak akibat diterpa angin puting beliung yang menerpa tujuh desa di Kecamatan Rantau Pulung (Ranpul).

Dengan rincian, tujuh desa yang terdampak itu ialah, Desa Pulung Sari 5 korban kerusakan, Desa Margomulyo 10 korban kerusakan, Desa Masalap Raya 2 korban kerusakan, dan Desa Manunggal Jaya 91 korban kerusakan.

Kemudian, Desa Jebon Agung 6 korban kerusakan, Desa Tanjung Kabu 87 korban kerusakan, dan Desa Tepian Makmur 47 korban kerusakan.

Adapun bangunan yang terdampak ialah perumahan masyarakat dan fasilitas umum seperti  sekolah, puskesmas, tempat ibadah gereja, dan masjid. Kerusakan bervariasi. Mulai dari rumah hancur,  tembok roboh, atap terbang, hingga tertindis pohon.

Dikatakan Camat Ranpul, Mulyono semua korban sudah terdata secara total. Tak ada lagi yang tersisa. Sebelumnya, dari tujuh desa yang terdampak, hanya tiga desa yang memberikan laporan.

“Setelah kami data semua, akhirnya ada tujuh desa dan lengkap dengan jumlah para korban,” katanya.

Beruntung tak ada korban jiwa. Begitupun yang hanya sebatas korban. Mereka semua selamat dari bencana alam tersebut.  Hanya saja ditaksir, kerugian mencapai ratusan hingga miliaran rupiah.

“Alhamdulillah sudah ada yang datang memberikan pertolongan dan bantuan. Kami harap, semua dapat dibantu. Sehingga korban dapat kembali menempati rumah mereka masing-masing,” katanya. (dy)

Bagikan berita ini!
  • 16
    Shares