Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Kolom Redaksi

Pencak Silat yang Mempersatukan Kita

Published

on

Dibaca normal 6 menit

Catatan Lukman Maulana, Redaktur Bontang Post

ASIAN Games 2018 yang kali ini bertempat di Indonesia bakal resmi ditutup malam nanti. Sederet kisah manis sekaligus pahit perjuangan para atlet dan tim olahraga dari berbagai negara Asia, termasuk tuan rumah Indonesia telah tersaji, tercatat dalam perjuangan meraih pundi-pundi medali. Entah itu kisah-kisah sengitnya persaingan menjadi yang terbaik, maupun kisah-kisah luar arena yang tercium media dan masyarakat luas.

Sebagai sebuah event olahraga, tak jarang Asian Games dan kegiatan sejenis menjadi ajang menjalin persahabatan antar negara pesertanya. Pun demikian, melalui sportivitas yang terus dijunjung, persahabatan itu kerap tampak di arena. Sehingga meski berformat kompetisi, nyatanya Asian Games memiliki tujuan lain di luar sekadar memburu medali.

Berbagai momen sportivitas dan penuh persahabatan tersaji dalam pesta olahraga empat tahun sekali ini. Salah satu yang paling ramai dipebincangkan belakangan, adalah apa yang tersaji dalam final Pencak Silat putra nomor 55-60 kilogram, Rabu (29/8) lalu. Bukan momen keberhasilan pesilat Indonesia, Hanifan Yudani Kusumah meraih emas yang menjadi sorotan dalam laga di Padepokan Pencak Silat TMII itu. Melainkan apa yang terjadi setelahnya, ketika sang pesilat keluar arena.

Ya, kegembiraan yang dirasakan Hanifan nyatanya tak dirayakannya sendiri. Dengan sangat girang, Hanifan berlari menuju tribun penonton, tepatnya ke barisan para pejabat negara yang hadir di situ. Setelah menyalami beberapa pejabat, akhirnya langkah Hanifan tiba di depan sosok Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), yang dalam final tersebut hadir langsung menyaksikan perjuangan Hanifan.

Kalau hanya Jokowi yang ada di sana, itu bukan berita baru. Pasalnya pada momen-momen krusial medali emas sebelumnya, Jokowi juga kerap menampakkan diri memberikan dukungan kepada para atlet Indonesia. Namun kehadiran sosok Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) di samping Jokowi-lah yang menjadi warna baru dalam kehadiran sang presiden.

Sebelumnya1 dari 5 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments