Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Wujudkan Program 2 Juta Ekor Sapi Pemprov Kaltim Kembali Salurkan 130 Sapi

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SAMARINDA – Pada tahun 2018 ini, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnak Keswan) Kaltim bakal kembali mendistribusikan 130 ekor sapi kepada delapan kelompok tani (Poktan) peternakan. Pengadaan sapi-sapi tersebut dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim 2018 sebesar Rp 2 miliar.

Bantuan sapi itu akan diberikan Disnak Keswan Kaltim disalurkan untuk dua kabupaten. Pertama 108 ekor sapi untuk enam Poktan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim). Kemudian 22 ekor sapi lainnya diberikan kepada dua Poktan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kepala Disnak Keswan Kaltim, Dadang Sudarya mengungkapkan bantuan 130 ekor sapi bagi Poktan masuk dalam program peningkatan populasi ternak melalui pengembangan budidaya sapi bibit.

“Sapi-sapi ini bantuan pemerintah provinsi untuk poktan dari dua kabupaten guna budidaya sapi bibit,” katanya ditemui belum lama ini.

Untuk di Kukar, sapi bantuan itu diberikan kepada Poktan Daya Manunggal sebanyak lima ekor, Poktan Wong Pinggiran Desa Daya Manunggal Kecamatan Sebulu 17 ekor.

Sedangkan untuk wilayah Kutim, bantuan itu diberikan kepada Poktan Harapan Jaya Sepaso Barat Bengalon, Poktan Baru Mekar Kelanjau Ulu Muara Ancalong, Poktan Bukit Raya Kaliorang, dan Poktan Karya Berkembang Kendalo Teluk Pandan masing-masing 19 ekor.

Sementara Poktan Gabah Prima dan Poktan Alam Lestari Desa Sangkima Kecamatan Sangatta Selatan masing-masing diberi 16 ekor sapi. Masing-masing 14 betina dan dua jantan.

Didampingi Kepala Bidang (Kabid) Perbibitan dan Budidaya, I Gusti Made Jaya Adhi, Dadang menjelaskan bantuan sapi bagi Poktan merupakan bagian upaya mewujudkan program 2 juta sapi yang telah dicanangkan Gubernur Awang Faroek Ishak.

“Bantuan ini program Gubernur Awang Faroek untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan rakyat melalui pengembangan ternak sapi bibit bagi kelompok tani di Kaltim,” ujarnya.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments