Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Sangatta

Belum Tutup Tahun, Puluhan ASN Pensiun  Tercatat 86 Pegawai, Sejumlah Kepala OPD Diganti Plt

Published

on

Dibaca normal 1 menit

SANGATTA – Sebanyak 86 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja di Pemerintahan Kutim, akan pensiun pada 2018 ini. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) Kutim, Zainuddin Aspan.

Menurutnya, dari data yang dimiliki oleh BKPP,  terhitung sejak Januari hingga Oktober mendatang sebanyak puluhan ASN itu tidak lagi bekerja setelah habis masanya. Dirinya mencontohkan sejumlah pejabat yang pensiun, seperti salah satunya dari eselon dua yaitu Asisten I Pemkab Kutim akan pensiun pada Oktober 2018.

Diuraikan, saat ini jumlah ASN yang telah pensiun sejak Januari hingga Agustus ada sebanyak 78 orang. Ditambah pegawai yang akan pensiun pada Oktober mendatang berjumlah 8 orang dari eselon 2, 3 dan 4. “Macam-macam eselon yang pensiun, ini sedang kami urus berkasnya,” ujar Zainuddin saat dikunjungi di kantornya belum lama ini.

Dari jumlah tersebut, BKPP masih menunggu pengajuan pensiun. Sebagian berkas juga telah masuk untuk ASN yang akan pensiun di bulan mendatang. “Ya dari Agustus hingga Oktober 2018 ini, sudah ada delapan orang yang akan pensiun. Kami masih menunggu mengajukan pensiunnya,” jelasnya.

Seperti biasa, nantinya pegawai yang pensiun akan mendapatkan tunjangan sesuai dengan masa jabatan dan kinerjanya. Menurutnya, jumlah pegawai yang pensiun tahun ini pun terhitung cukup banyak. Sehingga banyak berkas yang ia urus.

“Tunjangan pensiun beda-beda, disesuaikan dengan masa jabatannya. Ada kalkulasinya sendiri, bahkan ada yang dapat tunjangan untuk anaknya,” beber Zainuddin. Bahkan banyak di antaranya kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang lepas masa kerja, sehingga tanggung jawab berubah fungsi dan dipegang oleh pelaksana tugas (Plt). (*/la)