oleh

Gempa di Bontang Berkekuatan 4,2 SR Banyak Netizen Tak Percaya, Tak Potensi Gempa Susulan

-Bontang-1.309 views

BONTANG – Patahan wilayah laut timur Bontang kembali diguncang gempa tektonik. Berkekuatan 4,2 Skala Richter (SR), gempa tersebut terjadi Rabu (5/9) sekira pukul 16.47 Wita pada titik lokasi 0,93 LU,118.68 BT atau 160 Kilometer Timur Laut Bontang-Kaltim di kedalaman 10 Kilometer.
Informasi mengenai gempa ini lantas beredar di jejaring sosial. Awalnya banyak netizen yang tak memercayainya. Namun hasil koordinasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bontang menegaskan bahwa info tersebut bukan hoaks.
Kepala Pelaksana BPBD Bontang Ahmad Yani mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan BMKG bahwa info gempa tersebut benar adanya. Namun gempa di Bontang termasuk aman. “Insyaallah aman dan terkendali,” tegas Yani, saat dikonfirmasi Bontang Post.
Adapun titik gempa tersebut berada jauh dari Bontang. Sehingga pergerakan lempengan di dalam laut tidak terlalu dirasakan masyarakat Bontang.
Namun demikian, Yani mengimbau agar semua masyarakat tidak panik dengan adanya informasi tersebut. Mengingat kondisinya masih terbilang aman dan terkendali. Ketika masyarakat ada yang mendengar atau membaca tentang hal seperti ini, sebaiknya dicari kebenarannya dulu ke instansi yang berwenang.
“Kami harap tidak melebih-lebihkan informasi yang membuat suasana tidak kondusif. Bagi yang mendengar info seperti ini juga jangan langsung panik, marilah kita senantiasa selalu mengingatkan dan selalu waspada,” pintanya.
Sementara itu, salah satu akun media sosial facebook atas nama Muriono yang menyebarkan info gempa di forum jual beli media sosial mendapat beragam komentar. Banyak netizen yang tidak percaya dan menganggap bahwa informasi tersebut adalah hoaks.
Seperti akun facebook Muhammad Yudi yang berkomentar “Waduh bodoh kali TS ini nyebarin berita hoax aj,” tulisnya di kolom komentar.
Ada juga sebagian netizen yang lebih memilih berdoa dan berpendapat gempa tersebut tidak terasa di Bontang. Bahkan mereka menyatakan bahwa titik gempa itu bukan di Bontang. “Ga kerasa ya?” tulis akun Saskia Ulvy Merian.
Sebelumnya, di Bontang atau lebih tepatnya wilayah Laut Timur Bontang sempat terjadi gempa tektonik berkekuatan 3,8 SR pada 27 Maret 2018 lalu. Pada 14 Januari 2016 pun sempat terjadi gempa berkekuatan 4,1 SR di laut Kutai Timur yang menyebabkan satu rumah di Bontang Kuala roboh. (mga)

Bagikan berita ini!
  • 336
    Shares
loading...