oleh

Solusi di Balik Polemik Pelantikan Gubernur 

Oleh: Herdiansyah Hamzah
(Dosen Fakultas Hukum Universitas Mulawarman Samarinda)

Pada prinsipnya masa jabatan gubernur itu selama 5 (lima) tahun. Terhitung sejak hari pelantikan. Hal ini disebutkan secara eksplisit dalam pasal 60 Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Pemda). Bunyinya, “Masa jabatan kepala daerah adalah selama 5 (lima) tahun terhitung sejak pelantikan dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk satu kali masa jabatan.”

Ketentuan ini diperkuat dalam pasal 162 ayat (1) UU Nomor 10/2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU nomor 1/2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU nomor 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali kota. Disebutkan, “Gubernur dan Wakil Gubernur memegang jabatan selama 5 (lima) tahun terhitung sejak tanggal pelantikan dan sesudahnya dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama hanya untuk 1 (satu) kali masa jabatan.”

Pada intinya, berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan tersebut, masa jabatan gubernur itu tidak boleh dikurangi. Bahkan hanya untuk 1 (satu) hari sekalipun tidak boleh. Dengan demikian, siklus pergantian gubernur, dari pejabat lama ke pejabat baru, hanya bisa dilakukan setelah masa jabatan lima tahun tersebut selesai.

Secara faktual, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dilantik pada tanggal 17 Desember 2013 silam. Artinya masa jabatannya akan berakhir di bulan Desember 2018 mendatang. Oleh karena itu, berdasarkan norma yang tertuang dalam UU Pemda dan UU Pilkada, maka pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim terpilih, idealnya dilakukan pada Desember 2018.

Hanya saja, dalam kasus Awang Faroek ini, terdapat situasi yang berbeda. Di mana beliau telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai gubernur. Itu sebagai persyaratan bakal calon anggota DPR RI. Seperti diketahui, Awang Faroek mengajukan diri sebagai bakal calon anggota DPR RI untuk daerah pemilihan Kaltim dari Partai Nasional Demokrat (NasDem).

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares