oleh

Nyinyir Bendera Tiongkok di Penutupan Asian Games

SEBELUM penutupan Asian Games kemarin, sejumlah netizen sebenarnya membuat posting-an peringatan. Isinya agar tidak terhasut dengan dikibarkannya bendera Tiongkok dalam acara penutupan. Eh, tetap saja ada netizen yang terhasut oleh orang-orang yang memang sengaja membuat gaduh.

“Luar biasa hanya terjadi di rezim ini bendera cina di kibarkan di GBK dengan acara megah dan di tonton ribuan orang tapi tetap dibiarkan. Apakah ini bukti kita di jajah aseng ???” tulis akun Facebook Muh Fauzan Tama.

Sebenarnya, pengibaran bendera Tiongkok dalam penutupan Asian Games sudah tersebar di banyak media. Bahkan, sejumlah portal berita lebih dulu membuat tulisan tentang hal itu sebelum acara penutupan. Tujuannya satu, tidak ada orang-orang yang salah pengertian dengan pengibaran bendera Tiongkok tersebut.

Bendera Tiongkok dikibarkan karena Asian Games 2022 diadakan di Hangzhou. Hal serupa terjadi pada closing ceremony Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan. Saat itu bendera Merah Putih dikibarkan karena Indonesia menjadi tuan rumah periode selanjutnya. Gak percaya? Cari saja di YouTube dengan kata kunci ’’Indonesia Closing Asian Games 2014’’. Di sana ada video yang menunjukkan Indonesia ikut tampil membawakan berbagai atraksi untuk mempromosikan Asian Games 2018.

Dikutip dari JawaPos.com, Direktur Opening and Closing Ceremony Inasgoc Hesti Purba meminta isu-isu tersebut tidak berkembang. ’’Di Asian Games, pengibaran bendera dan pemutaran lagu negara tuan rumah berikutnya adalah hal biasa. Memang ada penyerahan ke negara tuan rumah selanjutnya,’’ ungkapnya. (gun/c15/fat)

Bagikan berita ini!
  • 9
    Shares
loading...