oleh

Ikuti Praktik Laut Sertifikasi Ankapin III 16 Nelayan Kopnel BEM Binaan Pupuk Kaltim

BONTANG – Sebanyak 16 nelayan binaan Pupuk Kaltim yang tergabung dalam Koperasi Nelayan (Kopnel) Bontang Ekonomi Pariwisata dan Maritim (BEM), ikuti praktik laut. Kegiatan ini sebagai persyaratan wajib sertifikasi Ahli Nautika Kapal Penangkap Ikan tingkat III (Ankapin III). Berlangsung Minggu (9/9) di perairan Kota Bontang.

Sertifikasi dilaksanakan Pupuk Kaltim sebagai kesinambungan pembinaan bagi nelayan. Sebagai bekal aktivitas melaut sesuai aturan pemerintah. Disamping syarat utama penerima bantuan kapal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI pada Oktober 2018 mendatang. Kopnel BEM dipastikan menerima 16 unit kapal berukuran 3 dan 5 Gross Ton (GT) dengan sertifikasi Ankapin III sebagai persyaratan mutlak bagi nelayan penerima bantuan.

Menurut Ketua Tim Creating Shared Value (CSV) Pupuk Kaltim Sri Djuwani Ekowati, kegiatan ini bekerja sama dengan Kementerian KKP melalui Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (BPPP) Tegal Jawa Tengah. Didampingi Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKP3) Bontang. Dengan tim penguji 5 orang, dipimpin Edy Sugriwa dari Sekolah Tinggi Perikanan (STP) Jakarta.

“Sertifikasi Ankapin III penting bagi nelayan binaan Pupuk Kaltim untuk melengkapi persyaratan melaut bagi nahkoda kapal sesuai peraturan pemerintah. Juga menjadi syarat yang wajib dipenuhi jelang penerimaan kapal bantuan dari KKP,” ujar Ekowati yang juga penanggung jawab program.

Dijelaskannya, tahapan sertifikasi ini kelanjutan dari Basic Safety Training (BST) dan pra Ankapin III. Yang sebelumnya diikuti seluruh peserta selama 5 hari di BPPP Tegal. Dilanjutkan dengan proses sertifikasi sejak Senin (3/9) lalu di Gedung Sekaya Maritim Tanjung Limau, Kelurahan Gunung Elai, Bontang Utara. Para nelayan juga telah melewati tes buta warna dengan hasil ujian BST dan pra Ankapin dinyatakan lulus 100 persen. Dibuktikan sertifikat pelatihan yang diberikan Kepala DKP3 Bontang Aji Erlinawati.

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares
loading...