Anda tidak bisa menyalin berita ini. Info lebih lanjut, hubungi admin di [email protected]

Connect with us
Bermita Bersama Kami

Advertorial

Bagian organisasi Sekda Bontang Gelar Sosialisasi Aplikasi E-SAKIP Bekerjasama dengan Diskominfotik Bontang

Published

on

Dibaca normal 3 menit

BONTANG – Sebagai upaya perbaikan dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) perangkat daerah maupun Pemkot Bontang, bagian organisasi Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) Bontang, Kamis (6/9) pekan lalu menggelar Sosialisasi dan Penginputan Data Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Tahun 2017/2018 pada Aplikasi E-SAKIP Bontang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium Taman 3 Dimensi, Jalan Awang Long.

Kegiatan tersebut dihadiri Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, Asisten Administrasi Pemerintahan M Bahri, Asisten Administrasi Umum Sarifah Nurul Hidayati, Kadiskominfotik Bontang Dasuki, Kepala Bagian Organisasi Sekda kota Bontang Azizah, serta 58 peserta yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN), yang terdiri dari tim perencanaan dan keuangan perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bontang.

Dalam sambutannya Neni berharap, agar para peserta dapat melakukan penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah di lingkungan Pemkot Bontang, dengan berpedoman pada permenpan dan reformasi birokrasi no. 53 tahun 2014, tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja, pelaporan kinerja, dan tata cara revisi atas laporan kinerja instansi pemerintah. Sehingga penyusunannya perlu mengikuti kaidah-kaidah yang terkandung dalam peraturan tersebut.

 

Dikatakannya, seiring dengan berjalannya waktu hasil evaluasi SAKIP kota Bontang telah mengalami peningkatan. Bahkan tiga tahun belakangan ini mendapatkan nilai B, dan tahun 2017 yang lalu mendapatkan nilai 65,10 dengan rekomendasi 7 hal yang perlu diperbaiki oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kepada Pemkot Bontang.

Dengan memperhatikan hasil rekomendasi tersebut, maka perlu dilakukan upaya-upaya perbaikan, baik dari SAKIP perangkat daerah maupun Pemkot Bontang, seperti membangun sistem E-SAKIP yang penyempurnaannya dilakukan oleh bagian organisasi dan dinas kominfo dan statistik kota Bontang, yang pada hari ini disosialisasikan kepada seluruh perangkat daerah untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan.

“Kepada seluruh peserta yang hadir, terutama kepala OPD agar terus berkomitmen dan memberikan full support kepada kinerja bawahan, aktif memonitor capaian kinerja, dan memasukkan dalam kertas kerja LKIP setiap tiga bulan sekali untuk kemudian diserahkan ke bagian organisasi, agar target yang sudah ditetapkan dapat tercapai sesuai dengan waktu dan biaya yang sudah ditetapkan,” bebernya.

Ditambahkannya, untuk bagian organisasi dan Diskominfotik, saya harap dapat terus melakukan upaya perbaikan atau penyempurnaan terhadap aplikasi E-SAKIP ini, disesuaikan dengan kebutuhan kita. Disamping itu, kepada tim yang tergabung dalam tim penyusunan LKIP Bontang 2018, baik tim penyusun maupun tim pendukung, agar dapat bekerja sama untuk terus berupaya dan konsisten untuk terus berkomitmen, bahwa apa yang dilakukan ini adalah semata-mata untuk perbaikan dan kebaikan kita ke depan. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi apa yang dilaksanakan pada hari ini, sehingga semuanya berialan sesuai dengan harapan.

Sementara itu, Dasuki menjelaskan, Diskominfotik mempersiapkan aplikasi E-SAKIP tersebut, yang mana aplikasi itu sendiri merupakan hibah dari Pemkot Bandung yang kemudian disesuaikan dengan keperluan dan kebutuhan di Bontang. Pada sosialisasi tersebut tim dari Diskominfotik memberikan materi tentang tata cara penggunaan aplikasi E-SAKIP tersebut kepada para peserta, sehingga pada saat tim dari Kemenpan-RB menilai Oktober nanti, Bontang masuk ke dalam nominasi dan paling tidak mendapatkan penilaian BB.

“Saya berharap semoga sosialisasi ini bisa membantu OPD-OPD di Pemkot Bontang, untuk sesegera mungkin mengetahui apakah yang mereka jalankan sudah sesuai dengan apa yang ditetapkan di indikator yang ada. Saya harap peserta dapat mengikutinya dengan serius, karena ini merupakan bagian terpenting untuk jalannya proses pemerintahan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi,” jelasnya.(*/rdy/adv)

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments