oleh

Bagian organisasi Sekda Bontang Gelar Sosialisasi Aplikasi E-SAKIP Bekerjasama dengan Diskominfotik Bontang

BONTANG – Sebagai upaya perbaikan dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) perangkat daerah maupun Pemkot Bontang, bagian organisasi Sekretaris Daerah (Sekda) Bontang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistik (Diskominfotik) Bontang, Kamis (6/9) pekan lalu menggelar Sosialisasi dan Penginputan Data Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) Tahun 2017/2018 pada Aplikasi E-SAKIP Bontang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Auditorium Taman 3 Dimensi, Jalan Awang Long.

Kegiatan tersebut dihadiri Wali Kota Bontang, Neni Moerniaeni, Asisten Administrasi Pemerintahan M Bahri, Asisten Administrasi Umum Sarifah Nurul Hidayati, Kadiskominfotik Bontang Dasuki, Kepala Bagian Organisasi Sekda kota Bontang Azizah, serta 58 peserta yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN), yang terdiri dari tim perencanaan dan keuangan perangkat daerah di lingkungan Pemkot Bontang.

Dalam sambutannya Neni berharap, agar para peserta dapat melakukan penyusunan laporan kinerja instansi pemerintah di lingkungan Pemkot Bontang, dengan berpedoman pada permenpan dan reformasi birokrasi no. 53 tahun 2014, tentang petunjuk teknis perjanjian kinerja, pelaporan kinerja, dan tata cara revisi atas laporan kinerja instansi pemerintah. Sehingga penyusunannya perlu mengikuti kaidah-kaidah yang terkandung dalam peraturan tersebut.

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Dikatakannya, seiring dengan berjalannya waktu hasil evaluasi SAKIP kota Bontang telah mengalami peningkatan. Bahkan tiga tahun belakangan ini mendapatkan nilai B, dan tahun 2017 yang lalu mendapatkan nilai 65,10 dengan rekomendasi 7 hal yang perlu diperbaiki oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kepada Pemkot Bontang.

Dengan memperhatikan hasil rekomendasi tersebut, maka perlu dilakukan upaya-upaya perbaikan, baik dari SAKIP perangkat daerah maupun Pemkot Bontang, seperti membangun sistem E-SAKIP yang penyempurnaannya dilakukan oleh bagian organisasi dan dinas kominfo dan statistik kota Bontang, yang pada hari ini disosialisasikan kepada seluruh perangkat daerah untuk menjadi perhatian dan dilaksanakan.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...