Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Samarinda

Disiapkan Sepekan, Pawai Akbar Diikuti Ribuan Peserta  Cara Masjid Ar-Rahman Memperingati 1 Muharram 1440 Hijriah 

Published

on

Dibaca normal 3 menit

Berbagai cara dilakukan umat Islam dalam memperingati 1  Muharram 1440 Hijriah. Dari mengadakan pengajian, lomba, bazar hingga pawai. Seperti yang dilakukan Masjid Ar-Rahman yang berada di Kecamatan Samarinda Sebrang, Samarinda, Selasa (11/9) kemarin.

DEVI NILA SARI, Samarinda

Rumah ibadah umat Islam yang terletak di Jalan Pattimura itu mengadakan pawai akbar untuk memperingati pergantian tahun baru Islam. Kegiatan pawai untuk pertama kalinya itu mendapatkan sambutan meriah dari warga setempat.

Meski digelar dalam waktu yang cukup singkat, pawai itu nyatanya diikuti lebih dari seribu peserta. Mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga dari anak-anak komunitas seperti anak motor. Pawai ini juga menjadi ajang silaturahmi sesama umat muslim maupun dengan umat agama lainnya.

Wakil Ketua Panitia Pawai, Mariani mengaku, pawai ini baru pertama kali dilakukan dan waktu persiapannya terbilang cukup singkat, yakni sekira satu minggu. Meski begitu, ia bersyukur, ternyata kegiatan itu mendapatkan antusias warga yang cukup tinggi.

“Walaupun pawai ini baru diadakan untuk pertama kalinya, alhamdulillah masyarakat sangat antusias. Peserta yang mengikuti pawai hampir seribu orang, kami sangat bersyukur. Karena kami kira tidak ada yang datang karena mepetnya persiapan,” ungkap dia kepada Metro Samarinda.

Namun, satu malam sebelum pawai dilaksanakan, imbuh dia, tiba-tiba banyak masyarakat yang mendaftar. Dari 37 kelompok yang mendaftar, hanya satu yang berhalangan hadir. Sehingga suasana pawai pun menjadi sangat ramai.

Mengenai masalah anggaran, Mariani berkata, semua itu berasal dari sumbangan masyarakat maupun sponsor. Biaya yang dikeluarkan adalah sekira Rp 9 juta rupiah. Berasal dari berbagai RT di Kelurahan Masjid dan Mangkupalas.

“Sponsornya ada beberapa. Tapi ada juga dari sumbangan masyarakat. Karena dananya juga mencukupi, kami memberikan konsumsi kepada peserta pawai. Harapan kami semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda tahunan dan dilaksanakan dengan lebih meriah,” ujarnya.

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments