Connect with us
Lomba Foto Pupuk Kaltim

Bontang

Oktober Presentasi untuk Adipura DLH Optimis Bisa Raih Penghargaan Adipura Lagi

Published

on

Dibaca normal 1 menit

BONTANG – Bulan Oktober mendatang, Wali Kota Bontang akan melakukan presentasi untuk penilaian penghargaan Adipura tahun 2018. Saat ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bontang telah mempersiapkan materi untuk presentasi dan persyaratan lainnya.

Kepala DLH Bontang, Agus Amir mengatakan, terdapat aturan baru mengenai penilaian Adipura tahun 2018 ini. Sehingga, seluruh kabupaten kota diminta untuk membuat kebijakan dan strategi pengolahan sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga daerah (Jastrada) di akhir September ini.

“Itu merupakan aturan baru, dan kami sudah selesai membuat jastrada,” jelas Agus Amir saat ditemui ketika sedang meninjau air sungai yang menghitam, Selasa (11/9) kemarin.

Dijelaskan bahwa penilaian pertama (P1) dan penilaian kedua (P2) sudah dilakukan beberapa bulan lalu. Bulan September ini, tim penilai akan melaksanakan verifikasi. Namun, untuk waktunya tidak dapat dipastikan. “Bontang selalu siap untuk diverifikasi,” katanya optimistis.

Untuk membuat Jastrada pun, semua daerah ditarget selesai bulan September, dan Bontang sudah selesai termasuk Perwali-nya. “Kami juga sudah membentuk tim untuk menyusun rencana aksi, selain Perwali Jastrada, Perwali pengurangan sampah plastik juga telah dibuat hampir bersamaan,” ungkapnya.

Agus meyakini bahwa tahun 2018 ini, Bontang akan kembali meraih penghargaan Adipura.

Bahkan, sebagai inovasi, Pemkot Bontang dengan Perwali pengurangan sampah plastik ini membuat e-bottle bagi para PNS dan Non PNS di lingkup Pemkot Bontang. Sehingga setiap OPD tidak lagi menyediakan minuman dalam bentuk kemasan botol plastik. Namun untuk sanksinya jika masih ada OPD yang menyediakan air minum kemasan botol plastik akan dirumuskan dalam Perwali.

“Setiap OPD harus menyediakan dispenser untuk air isi ulang, dan botol itu bisa digunakan para pegawai di lingkup Pemkot Bontang,” pungkasnya.(mga)

Sebelumnya1 dari 2 halaman
Gunakan tanda ← → (panah) untuk membaca

Advertisement
Comments