oleh

Tekan Tingginya Penggunaan Sampah Plastik   Pupuk Kaltim Adakan Seminar Alternatif Plastik Ramah Lingkungan  

BONTANG – Keberadaan sampah plastik masih menjadi momok bagi pemerintah dan rakyat Indonesia. Untuk menekan status darurat sampah di Indonesia, khususnya di kota Bontang, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar seminar alternatif plastik ramah lingkungan, Rabu (12/9). Bertempat di Ruang Pirus, Hotel Equator Bontang.

Kegiatan ini sekaligus memperingati HUT ke-9 Serikat Pekerja Pupuk Kaltim (Sepakat). Menghadirkan Lanny Tjahjono dari PT Enviplas serta Mariani Chandra dari PT Telobag sebagai pembicara. Turut hadir GM Umum Pupuk Kaltim Nur Sahid serta perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Bontang.

Pada kesempatan itu, Ketua Komisioner Sepakat, Alfin Fadlan mengatakan bahwa saat ini Indonesia termasuk penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia. Maka melalui seminar ini, ia berharap masyarakat dapat mengetahui bahaya limbah plastik. “Mudah-mudahan melalui seminar ini dapat membuka kesadaran kita semua. Memang tidak saat ini dampak yang dirasakan. Namun anak cucu kita akan merasakan akibat dari limbah plastik ini,” terangnya.

Tambah dia, semoga apa yang disampaikan oleh pembicara dapat diambil poin positifnya, baik itu di lingkungan Pupuk Kaltim maupun bagi anak perusahaannya. Sehingga dapat menekan penggunaan plastik yang selama ini susah untuk didaur ulang.

Sementara itu, GM Operasi 2 Pupuk Kaltim, Mochamad Safiie pada kesempatan itu menerangkan tujuan diadakannya seminar ini untuk mendapatkan gambaran secara luas mengenai tata cara golongan plastik yang selama ini menggunakan kemasan atau kantong plastik anorganik menjadi organik. Juga dapat memberikan masukan untuk meningkatkan nilai-nilai perusahaan dalam kaitannya dengan Corporate Social Responsibility (CSR).

Sebagai riset dan program peningkatan kinerja perusahaan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan periode 2018-2019. Ia berharap agar perusahaan dapat melaksanakan penataan lingkungan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Selain itu agar hubungan silaturahim antara Pupuk Kaltim yang bekerjasama dengan PT Enviplas dan PT Telobag dapat semakin harmonis.

Bagikan berita ini!
  • 3
    Shares