oleh

Raih Predikat Terbaik II ISDA 2018  Wujud Apresiasi Rahmawati untuk Pupuk Kaltim 

BONTANG – Meraih predikat terbaik II kategori perorangan pada Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2018 menjadi kebanggaan tersendiri bagi Rahmawati, Ketua Kelompok Usaha Bersama (Kube) Mekarsari, binaan Pupuk Kaltim. Dirinya tergerak menginisiasi program pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan kompos. Sekaligus mengubah pola pikir warga sekitar tempat tinggalnya di RT 7 Kelurahan Guntung untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

Diawali keprihatinan akan predikat hitam (Black Award) yang disematkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang pada 2010. Atas kondisi lingkungan yang tak teratur dan penuh sampah, Rahmawati lahirkan gagasan pengelolaan kompos dengan memanfaatkan sampah daun kering yang bertebaran menjadi produk bernilai ekonomis.

“Itu tahun 2013 atas dorongan Pak Yunus (Ketua RT 7 Guntung, Red.). Dari awal hanya untuk mengajak warga bisa bersih-bersih, akhirnya ide pembuatan kompos dimulai,” kisah Rahmawati.

Bak gayung bersambut, upaya Rahmawati pun dilirik Pupuk Kaltim yang melihat potensi pengelolaan lingkungan sehat melalui pemberdayaan masyarakat, khususnya ibu rumah tangga (IRT). Pupuk Kaltim mulai membina Kube Mekarsari dengan Program “Kompos Berbasis Masyarakat” sejak akhir 2013.

BANGGA: Rahmawati saat menerima Predikat Terbaik II pada ajang Indonesian Sustainable Development Goals Award 2018.(HUMAS PUPUK KALTIM)

Ragam pendampingan diberikan, mulai pelatihan manajemen kelompok, peningkatan kualitas sumber daya manusia, hingga fasilitas dan alat pengolah kompos. Seluruh program juga dirancang maksimal melalui rembuk bersama Ketua RT dan Pupuk Kaltim bekerja sama Yayasan Bina Kelola Lingkungan (Bikal) Bontang. Hal ini agar penerapan program yang terlaksana sesuai dan tepat sasaran.

Setelah lima tahun berjalan, Kube Mekarsari menampakkan hasil signifikan. Mulai pengelolaan lingkungan di RT 7 yang perlahan bersih dari sampah, kesadaran warga akan pentingnya menjaga lingkungan hingga pemberdayaan masyarakat melalui pengolahan kompos dengan hasil produksi yang terus meningkat. Kiprah itu kemudian mengantar Kube Mekarsari meraih Juara I Nasional Kube Berprestasi pada 2016. Dan Rahmawati pun menjadi Inspirator Terbaik pada ajang Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) Kaltim 2017.

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares