oleh

“Takut Naikkan Berat Badan saat hamil”? Ini Salah Satu Dampaknya

Oleh:

  1. Dyah Chandra S.P

Dokter Internship RS Pupuk Kalimantan Timur

 

Pada kehamilan, berat badan bumil sangat penting untuk kesehatan ibu dan bayi baik saat lahir maupun status kesehatan bayi saat dilahirkan nanti.

 

Bumil dengan berat badan berlebih dapat meningkatkan resiko bayi lahir secara operasi Sectio Caesaria (SC), penyakit jantung, resiko diabetes dan obesitas pada anak.  Sedangkan bumil dengan berat badan kurang selama kehamilan dapat menyebabkan bayi kesulitan memulai menyusui sehingga dapat mengalami keterlambatan perkembangan, sangat rentan untuk sakit, dan buruknya dalam berbagai penelitian bayi dapat lahir dengan berat kecil dalam rahim (Intrauterine Growth Restriction/IUGR).

 

Selama kehamilan, kenaikan berat badan pada bumil secara langsung dapat berpengaruh pada kesehatan ibu dan bayi saat lahir.

 

APAKAH IUGR ITU?

 

Kondisi ini adalah dimana bayi gagal tumbuh saat dalam rahim ibu. Berat bayi dalam rahim lebih kecil dari berat normal pada usia kehamilan saat itu, hal ini disebut Intrauterine Growth Restriction (IUGR). Bayi dengan IUGR akan lahir dengan berat yang kurang dari normal (kecil). Namun perlu diketahui bahwa tidak semua bayi yang lahir kecil itu tidak normal. Ada yang lahir kecil namun normal karena faktor keturunan.

 

APA PENYEBAB IUGR?

  • Pola hidup tidak sehat: merokok, alkohol, atau penyalahgunaan obat-obatan
  • Terpapar infeksi seperti: CMV, Rubella, toxoplasmosis, dan sifilis
  • Tekanan darah tinggi, preeklampsia, & eklampsia
  • Kecacatan/kelainan bawaan janin (genetik)
  • Tinggal di tempat tinggi (gunung dll), dimana kadar oksigen rendah
  • Penyakit ibu: jantung, paru, darah, autoimun, anemia, dll
  • Tidak makan dengan cukup selama kehamilan.

BAGAIMANA MENGETAHUI JIKA BAYI IUGR?

Ini hanya bisa terdeteksi oleh pemeriksaan dokter/bidan secara berkala dengan  melakukan pemeriksaan antenatal care (ANC)  atau pemeriksaan kehamilan rutin. Secara garis besar, jumlah kunjungan selama kehamilan minimal 10 kali bagi yang pertama hamil dan 7 kali bagi yang sudah pernah melahirkan. Tujuan dari pemeriksaan kehamilan ini untuk memeriksa kondisi ibu dan janin agar selama kehamilan tetap sehat serta dapat mempersiapkan persalinan yang akan datang.

Bagikan berita ini!
  • 1
    Share
loading...