oleh

Tak Lapor Dana Kampanye, Parpol Terancam Dicoret Batas Sumbangan Diatur, Maksimal Rp 25 Miliar Kategori Kelompok 

BONTANG – Peraturan ketat kembali ditujukan kepada partai politik (parpol) peserta pemilihan umum (Pemilu) 2019. Salah satunya terkait dengan pelaporan dana kampanye. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bontang Divisi Hukum Saparuddin menyebut regulasi ini termuat dalam Peraturan KPU (PKPU) Nomor 29 Tahun 2018 tentang perubahan PKPU Nomor 24 Tahun 2018 mengenai Dana Kampanye.

Terkait Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), seluruh parpol peserta pemilu wajib melaporkan paling lambat 22 September pukul 18.00 Wita.  “Jika tidak melaporkan sesuai jadwal, maka parpol tersebut dibatalkan dari kepesertaan pemilu pada wilayah bersangkutan,” kata Saparuddin kepada Bontang Post, Jumat (14/9) kemarin.

Setelah batas waktu pelaporan, KPU Bontang memberikan waktu lima hari untuk perbaikan. Mulai dari 23-27 September dengan batas waktu pukul 18.00 Wita. Hal ini bertujuan iika dalam pelaporannya masih terdapat kekurangan.

Pada tahap pertama, pengurus parpol wajib membuka rekening khusus dana kampanye (RKDK) di bank umum. Dikatakannya rekening tidak boleh dicampur dengan dana parpol yang telah ada. Berdasarkan informasi yang diperoleh Saparuddin, proses pembukaan rekening membutuhkan surat dari parpol bersangkutan dan ditandatangani oleh ketua dan bendahara parpol.

“Jadi ini rekening baru dan khusus untuk dana kampanye karena nantinya akan dilakukan audit setelah pesta demokrasi itu selesai,” ucapnya.

Dana kampanye berupa uang, barang, dan jasa. Ketiga bentuk tersebut dikonversikan dalam rupiah. Nantinya digunakan untuk keperluan melakukan kampanye. Baik saat menggelar tatap muka, rapat umum, maupun pertemuan terbatas. Termasuk pengadaan alat peraga kampanye (algaka).

Dalam PKPU tersebut juga mengatur pembatasan sumbangan dana kampanye. Untuk perseorangan batasan sumbangan ialah Rp 2,5 miliar. Sementara untuk kelompok maupun badan usaha non pemerintah maksimal dapat memberikan bantuan sebesar Rp 25 miliar.

Bagikan berita ini!
  • 4
    Shares