oleh

November, Sangkulirang Dialiri Air Bersih 2 Ribu Daftar Tunggu, Sumber dari Pegunungan Kaliorang

SANGATTA – Dari 18 kecamatan, hanya Kecamatan Sangkulirang yang belum menikmati air bersih. Namun, di tahun 2018 ini Perusahaan  Daerah Air Minum (PDAM) Kutim sudah mengusahakan hal tersebut.

Dikatakan Dirut PDAM, Aji Mirni Mawarni didampingi Kabag Teknik, Suparjan, Sangkulirang akan kecipratan air bersih pada akhir 2018. Paling cepat pada Bulan November.

“Tahap pemasangan pipa dan booster. Target kami November sudah beroperasi,” katanya.

Air tersebut diambil dari pegunungan Kecamatan Kaliorang. Kemungkinan,  Sangkulirang mendapatkan 200 liter perdetik. Sedangkan Kaliorang sendiri hanya dijatah 50 liter perdetik. Itupun, baru dimanfaatkan 10 liter perdetik.

“Jadi untuk Sangkulirang sudah sekira 2 ribu daftar tunggu. Ini potensi yang akan memasang air bersih,” kata Suparjan.

Namun katanya, pada tahun pertama, air bersih belum sampai ke rumah-rumah warga.  Melainkan difokuskan di SMAN Sangkulirang.  Tak lain, karena terbatasnya anggaran. Namun pada tahun selanjutnya, baru dianggarkan untuk pemasangan  pipa dalam kota dan pipa ke rumah warga.

“Sementara kalau mau ambil air menggunakan alat saja. Mungkin jerigen. Tahun depan baru masuk ke rumah-rumah warga,” ungkapnya.

Untuk diketahui, semua kecamatan tak termasuk Sangkulirang sudah mendapatkan air bersih.  Tentu saja, sebagian masih dalam kawasan perkotaannya. Tentu saja untuk mencapai hal tersebut perlu tahapan panjang. Sebab diketahui, Kutim terbilang luas.

“Kami sejalan dengan  pemerintah. Pemerintah mengutamakan tiga hal. Jalan, listrik,  dan air bersih.  Kami berupaya mewujudkan  air bersih tersebut,” kata Dirut PDAM,  Aji Mirni Mawarni belum lama ini.(dy)

Bagikan berita ini!
  • 2
    Shares